Home / Bahasa Indonesia / Cara Menulis Berita yang Baik dan Benar Sesuai Kaidah Jurnalistik

Cara Menulis Berita yang Baik dan Benar Sesuai Kaidah Jurnalistik

Cara menulis berita yang baik dan benar sesuai kaidah jurnalistik – 5 W + 1 H plus piramida terbalik – Menulis berita berbeda dengan menulis artikel blogging. Berita yang baik dan benar harus sesuai dengan kaidah jurnalistik, yaitu memuat unsur 5 W + 1 H serta mengacu pada format penulisan berita yaitu piramida terbalik (inverted pyramid).

Dikutip dari romelteamedia.com, 5 W + 1 H adalah:

  • Who – Pelaku, subjek. Siapa? Siapa yang melakukan? Siapa yang mengadakan? Siapa yang terlibat? 
  • WhatPeristiwa. Apa? Melakukan apa? Mengadakan apa? Ngomong apa? Menyelenggarakan apa?
  • WhereTempat. Di mana diadakannya? Di mana terjadinya? Di mana lokasinya?
  • WhenWaktu. Kapan? Hari apa tanggal berapa? Iraha? Berpa lama?
  • WhyTujuan, latar belakang peristiwa. Kenapa? Untuk apa? Apa tujuannya? Mengapa terjadi? Kenapa diadakan? Kenapa ngomong begitu?
  • HowDetail peristiwa. Bagaimana ceritanya? Bagaimana kejadiannya? Prosesnya? Ada apa saja?

Unsur terpenting dalam sebuah berita adalah Who dan What. Cara menulis berita yang baik dan benar sesuai kaidah jurnalistik seperti dilansir romelteamedia, yaitu:

  • Who did What, When, Where, Why, How.
  • SIAPA melakukan APA, kapan, di mana, kenapa, bagaimana?

Piramida terbalik atau inverted pyramid adalah:

The Inverted Pyramid — This refers to the style of journalism which places the most important facts at the beginning and works “down” from there. Ideally, the first paragraph should contain enough information to give the reader a good overview of the entire story. The rest of the article explains and expands on the beginning.

Artinya piramida terbalik mengacu pada gaya jurnalisme yang menempatkan fakta paling penting di awal. Idealnya, paragraf pertama harus berisi informasi yang cukup untuk memberikan gambaran yang baik bagi pembaca dari seluruh cerita. Sisanya menjelaskan dan memperluas paragraf awal.

cara menulis berita yang baik dan benar
Cara menulis berita yang baik dan benar – 5 W + 1 H (screenshoot cnnindonesia.com)

Contohnya (dikutip dari BBC Indonesia)

1. Kepolisian Taiwan telah menetapkan seorang sebagai tersangka sehubungan dengan insiden ledakan di kereta, pada Kamis malam (07/07).

2. Pemerintah Amerika Serikat mengusir dua diplomat Rusia sebagai tanggapan atas serangan terhadap seorang diplomat AS di Moskow, kata Departemen Luar Negeri AS.

Intinya, berita yang baik dan benar sesuai kaidah jurnalistik adalah mengedepankan unsur yang paling penting, yaitu Who dan What.

Namun jika unsur, when, why, where atau how dianggap lebih penting, maka penulisannya bisa dikedepankan. Meskipun berita seperti ini tidak lazim.

Demikianlah cara menulis berita yang baik dan benar sesuai kaidah jurnalistik yang memuat unsur 5 W + 1 H dengan mengacu pada format pemberitaan piramida terbalik. Semoga artikel ini bermanfaat.

About Husni Cahya Gumilar

Husni Cahya Gumilar

Blogger Garut, Jawa Barat. Lembur banjar karang pamidangan pituin ti Banjarwangi.

2 comments

  1. berkenaan dengan adanya acara besar di pondok saya..saya sebagai pembimbing bagi reporter muda akan melakukan pelatihan dadakan dikarenakan acaranya sangat mepet…apakah seorang yang baru saja mengetahui tatacara membuat berita spt. mereka akan bisa membuat berita yang baik dan benar.?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *