Home / Komputer / Cara Mengubah Ukuran Huruf Pada Microsoft Word Tanpa Mouse

Cara Mengubah Ukuran Huruf Pada Microsoft Word Tanpa Mouse

Cara mengubah ukuran huruf pada Microsoft Word biasanya dengan mengeklik icon Font Size pada toolbar formating. Tapi bagaimana jika tidak menggunakan mouse atau mouse rusak?

Nah pada kesempatan ini, saya akan coba share tutorial singkat cara mengubah ukuran huruf pada Microsoft Word tanpa mouse. Mengubah font size tanpa mouse akan mempercepat pekerjaan Anda, sebab tidak perlu ribet menggeser dan mengeklik mouse.

Meskipun tidak membutuhkan waktu lama untuk mengeklik icon font size, tapi kalau durasi menggunakan mouse diakumulasikan bisa mencapai beberapa menit dalam proses pengetikan.

cara mengubah ukuran huruf pada microsoft word tanpa mouse

Bagaimana cara mengubah ukuran huruf pada Microsoft Word tanpa memakai mouse?

  • Langkah pertama silakan blok huruf, kalimat atau paragraf yang akan diubah ukurannya. Tidak perlu memakai mouse, gunakan saja keyboard agar lebih cepat. Caranya pindahkan kursor (|) ke awal huruf, kata atau kalimat yang akan di blok, lalu tekan SHIFT + tanda panah kanan. Jika posisi kursor berada di sebelah kanan, maka tekan SHIFT + tanpa panah kiri.
  • Jika huruf yang akan diubah ukurannya sudah diblok, selanjutnya adalah menekan tombol jalan pintas pada keyboard untuk memperbesar atau memperkecil ukuran huruf, yaitu CTRL + ] (untuk memperbesar ukuran huruf) dan CTRL + [ (untuk memperkecil huruf).

Bagaimana cara membuka icon font size tanpa mouse?

Bila Anda ingin mengubah ukuran huruf pada Microsoft Word tanpa mouse melalui icon font size, caranya adalah blok huruf, kata atau kalimat yang akan diubah ukurannya. Gunakan langkah pertama di atas yaitu menekan tombol SHIFT + tanpa panah pada keyboard.

Setelah huruf, kata atau kalimatnya di blok, silakan tekan lagi tombol CTRL + SHIFT + P pada keyboard.

Silakan pilih font size yang Anda inginkan dengan cara menekan tombol panah atas atau panah panah pada keyboard. Kalau sudah selesai, tekan ENTER.

Mudah sekali bukan?

Demikianlah cara cepat mengubah ukuran huruf pada Microsoft Word tanpa mouse. Mulai sekarang, Anda tidak usah bingung lagi mengubah ukuran huruf apabila mouse rusak.

Semoga tips ini bermanfaat. Silakan bantu share, terima kasih.

About Husni Cahya Gumilar

Husni Cahya Gumilar

Blogger Garut, Jawa Barat. Lembur banjar karang pamidangan pituin ti Banjarwangi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *