Home / Ilmu Sipil / Cara Menghitung Kubikasi Kayu Balok dan Gelondongan Paling Mudah

Cara Menghitung Kubikasi Kayu Balok dan Gelondongan Paling Mudah

Satuan volume kayu dinyatakan dalam meter kubik (m3). Cara menghitung kubikasi kayu balok dan gelondongan sebetulnya sudah diajarkan saat kita duduk di bangku sekolah. Namun karena jarang dipakai dalam kehidupan sehari-hari, kita jadi lupa dengan rumus menghitung volume kayu balok atau kayu gelondongan.

Bagi mereka yang sudah terbiasa berkecimpung dalam dunia perkayuan, pasti sudah sangat menguasai cara menghitung kubikasi kayu, namun bagi konsumen yang jarang membeli kayu mungkin lupa lagi bagaimana cara menghitung volume kayu papan atau balok dan kayu gelondongan.

Tapi teman-teman tidak perlu khawatir, karena pada kesempatan ini saya akan berbagi cara menghitung kubikasi kayu gergajian dalam bentuk papan atau balok dan kayu log atau gelondongan.

Mengetahui kubikasi kayu ini berfungsi untuk menghitung jumlah kebutuhan bahan kayu dan mengetahui harga kayu, karena pada umumnya harga kayu dihitung berdasarkan nilai kubikasi.

Kayu gergajian (papan atau balok) bentuknya berbeda dengan kayu gelondongan. Sehingga cara menghitung kubikasinya juga berbeda. Masing-masing mempunyai rumus sendiri untuk menghitung nilai kubikasinya.

 

Cara menghitung volume kubikasi kayu bundar atau gelondongan

cara menghitung kubikasi kayu gelondongan

Cara menghitung volume kayu bundar dapat dibedakan menjadi 4 cara, yaitu:

  1. Cara langsungadalah penghitungan volume kayu bundar tanpa menggunakan unsur panjang dan diameter, yaitu dengan cara memasukkan kayu bundar ke dalam alat yang disebut Xylometer dengan menggunakan rumus Archimides berdasarkan prinsip bahwa isi suatu benda sama besar dengan isi air/zat cair yang dipindahkan oleh benda yang bersangkutan.
  2. Cara grafisadalah penghotungan isi kayu bundar dengan menggambar bentuk kayu bundar pada salib sumbu pada kertas grafis dengan skala tertentu.  Isi kayu bundar dihitung dengan cara mengalikan luas gambar (menggunakan alat planimeter) dengan faktor koreksi.
  3. Cara diagramadalah penghitungan kubikasi kayu gelondongan dengan memperkirakan isi kayu olahannya yang dapat dihasilkan apabila kayu bundar tersebut digergaji. Cara ini digunakan Perhutani untuk mencari nilai konversi (Nk), sebagai salah satu syarat mutu kayu bundar Jati.
  4. Cara matematisadalah cara menghitung kubikasi kayu bundar dengan pendekatan isi silinder (luas bidang dasar  x tinggi/panjang). Untuk itu perlu data hasil pengukuran panjang dan diameter/keliling kayu bundar. Cara matematis ini terdiri dari beberapa rumus, yaitu rumus Huber, rumus Smallian, rumus Newton dan rumus Brereton.

Rumus matematis untuk menghitung kubikasi kayu gelondongan yang paling mudah dan sering digunakan di Indonesia adalah menggunakan rumus Brereton. Yaitu (P x D x D x 0,7854) : 10.000.

Keterangan :

P = Panjang kayu (meter)

D = Diameter kayu (cm)

0,7854 = Koefisien

10.000 = Konversi dari satuan centimeter ke meter pada pengukuran diameter

Contoh:

Sebuah kayu gelondongan memiliki panjang 3 meter dan diameter 50 cm, berapa kubikasi kayu tersebut?

Jawaban:

= (P x D x D x 0,7854) : 10.000

= (3 x 50 x 50 x 0,7854) : 10.000

= 0,58905 m3

Hasil penghitungan kubikasi kayu gelondongan yang diperoleh dengan menggunakan rumus ini hampir sama dengan nilai kubikasi kayu pada tabel kubikasi kayu log perhutani.

Cara menghitung kubikasi kayu papan dan balok

cara menghitung kubikasi kayu papan dan balok

Rumus menghitung kubikasi kayu balok adalah rumus volume persegi panjang dibagi konversi pengukuran tebal dan lebar kayu, yaitu (P x L x T) : 10.000.

Keterangan :

P = Panjang kayu papan atau balok (meter)

L =  Lebar kayu balok/papan (cm)

T = Tebal papan/balok (cm)

10.000 = nilai konversi centimeter ke meter dalam pengukuran lebar tan tebal kayu.

Contoh:

Sebuah kayu papan berukuran tebal 3 cm, lebar 20 cm dan panjang 2 meter, maka kubikasi papan tersebut adalah:

= (P x L x T) : 10.000

= (2 x 20 x 3) : 10.000

= 0,012 m3

Jadi, untuk mencapai jumlah 1 m3 dibutuhkan 83 lembar papan.

Demikianlah cara menghitung kubikasi kayu gelondongan dan kayu papan atau blok yang paling mudah, semoga bermanfaat.

About Husni Cahya Gumilar

Husni Cahya Gumilar

Blogger Garut, Jawa Barat. Lembur banjar karang pamidangan pituin ti Banjarwangi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *