Home / Blogging / 4 Cara Menghasilkan Uang Dari Blog Gratisan

4 Cara Menghasilkan Uang Dari Blog Gratisan

Menghasilkan uang dari blog gratisan? kenapa tidak! Blog gratisan yang saya maksud di sini adalah blog dengan flatform blogger.com. Memang flatform blog yang menyediakan layanan gratis tidak cuma blogger.com, namun blogger.com merupakan salah satu flatform blog gratis yang paling banyak digunakan saat ini.

Kita bisa ngeblog di blogger.com tanpa biaya sepeserpun, kecuali biaya akses internet. Syaratnya pun mudah sekali, Anda tinggal membuat akun gmail. Akun tersebut otomatis bisa digunakan untuk login ke dasbor blogger.com.

Kualitas server blogger.com memang sudah tidak diragukan lagi, flatform milik Google ini jarang sekali mengalami gangguan, sehingga blog gratisan bisa online 24 jam. Kita juga tidak perlu memikirkan disk space dan bandwidth. Mau berapa banyak artikel, gambar atau video yang diposting, kita tidak perlu khawatir kehabisan quota space hosting. Begitu pula dengan jumlah visitor, asal kita sanggup mendatangkannya mau visitor jutaan pun per hari, Blogger.com siap menampungnya.

Selain itu, blog gratis di blogger.com juga bisa digunakan untuk menghasilkan uang. Banyak cara menghasilkan uang dari blog gratisan, salah satu yang paling populer saat ini adalah PPC Google AdSense.

Di samping memiliki kelebihan, Blogger.com juga memiliki beberapa kelemahan seperti penggunanya tidak punya hak penuh atas blognya, jika konten blog melanggar kebijakan blogger.com maka sewaktu-waktu blog bisa didelete tanpa pemberitahuan terlebih dahulu, domain blogspot.com agak panjang dan terkesan kurang profesional.

Namun teman-teman tidak perlu khawatir, jika serius ingin mendapatkan penghasilan dari internet tanpa modal, untuk saat ini Blogger.com bisa menjadi solusi. Kalau tidak mau didelete oleh blogger.com, ya tinggal ikuti saja kebijakan mereka. Intinya mereka melarang kita memposting konten yang melanggar hukum, melanggar hak cipta, f*rn*grafi, menjual barang terlarang dan konten-konten pelanggaran lainnya.

Banyak kok teman-teman yang sudah menghasilkan uang dari blog gratis. Penasaran mau tahu bagaimana cara menghasilkan uang dari blog gratisan? silakan simak uraian berikut ini.

cara menghasilkan uang dari blog gratis

Cara menghasilkan uang dari blog gratis

1. Ikut Program Afiliasi

Program afiliasi atau affiliate program merupakan salah satu cara mendapatkan penghasilan dari blog gratis. Cara kerja program afiliasi adalah kita menawarkan produk barang/jasa milik orang lain melalui banner atau link referal di blog kita.

Calon pembeli yang tertarik, lalu mengeklik link atau banner referal tersebut. Calon pembeli akan diarahkan ke situs resmi pemilik produk, kemudian jika terjadi transaksi maka kita akan mendapat komisi. Besarnya komisi tergantung yang mereka tawarkan dari awal. Biasanya berkisar antara 10% – 70%.

Selengkapnya silakan baca : Program Afiliasi, Bisnis Online yang Menguntungkan dan Tanpa Resiko

2. PPC

PPC adalah singkatan dari pay per click. PPC merupakan salah satu cara menghasilkan uang dari blog gratis yang tengah populer saat ini. Cara kerja PPC adalah pemilik blog mendaftarkan blognya, jika permohonannya diterima dia akan disuruh memasang script iklan untuk dipasang di blog. Provider akan menampilkan iklan di blog publisher, jika ada pembaca/visitor yang mengeklik iklan maka publisher akan dibayar. Pembayaran akan diakumulasikan, jika sudah mencapai ambang batas minimal (misalnya: $100), penghasilannya akan dibayarkan melalui rekening bank atau wesetern union.

PPC yang menjadi incaran para blogger saat ini adalah Google AdSense, yaitu program periklanan milik Google. Biaya per klik (BPK) Google AdSense dikenal lebih mahal dibandingkan PPC lain, kisaran harga per klik iklan Google AdSense antara $0,01 sampai puluhan dollar. Namun Google menerapkan sistem canggih untuk mendeteksi kecurangan publisher, jika publisher mengeklik iklan di blognya sendiri, Google akan tahu itu dan dia akan dibanned/didelete. Pembayaran yang belum dibayarkan hangus dan akan dikembalikan ke pemasang iklan termasuk bagian Google.

Selain Google AdSense, alternatif PPC yang bisa dipilih antara lain Chitika, Bidveriser, Kliksaya.com, KumpulBlogger.com dan lain-lain.

3. Menjual Produk Sendiri

Cara mendapatkan penghasilan dari blog gratisan berikutnya adalah menjual produk sendiri, seperti menjual jasa, ebook atau barang. Banyak blogger senior yang memanfaatkan blog gratis untuk menjual produk digital seperti aplikasi, template dan ebook. Jika kita mampu membuat produk digital, penghasilannya bisa bersaing bahkan bisa mengalahkan pendapatan dari PPC.

4. Kontes SEO

Kontes SEO juga bisa menjadi alternatif menghasilkan uang dari blog gratisan. Perusahaan-perusahaan tertentu biasanya mengadakan kontes SEO untuk mempromosikan produknya di internet dengan hadiah jutaan rupiah. Kalau kita lihat, kontestan banyak yang menggunakan blogspot.com karena blogspot.com juga cukup ramah terhadap mesin pencari.

Untuk teman-teman yang merasa punya kemampuan dalam SEO, bisa mencoba ikut kontes SEO dan mendapatkan penghasilan yang cukup lumayan.

Itulah 4 cara menghasilkan uang dari blog gratisan. Cara-cara ini hanya sebagian kecil saja, masih banyak cara lain yang bisa digali. Semoga bermanfaat.

Terima kasih.

About Husni Cahya Gumilar

Husni Cahya Gumilar

Blogger Garut, Jawa Barat. Lembur banjar karang pamidangan pituin ti Banjarwangi.

2 comments

  1. sepertinya saya akan ikutan kang no 4. bisa ga yah hehee

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *