Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Home / Teknologi / Cara Mengambil Screenshot di Smartphone dan Komputer

Cara Mengambil Screenshot di Smartphone dan Komputer

Cara membuat gambar screenshot di komputer/laptop dan smartphone – Screenshot, screen capture atau screen dump berasal dari bahasa Inggris. Dalam bahasa Indonesia disebut juga cuplikan layar atau tangkapan layar.

Screenshoot adalah suatu gambar yang diambil oleh komputer untuk merekam tampilan yang tampak di layar atau piranti keluaran visual lainnya. Biasanya ini adalah suatu gambar digital yang ditangkap oleh sistem operasi inang atau perangkat lunak yang dijalankan pada komputer, walaupun dapat pula dihasilkan oleh kamera atau peranti yang menangkap keluaran video dari komputer. Cuplikan layar dapat digunakan untuk mendemonstrasikan suatu program, suatu masalah yang dihadapi, atau secara umum sewaktu keluaran komputer perlu ditunjukkan pada orang lain atau diarsipkan. (sumber: Wikipedia)

Cara mengambil screenshot di komputer:

Untuk membuat gambar screenshot di komputer atau laptop caranya tekan tombol prt sc pada keyboard (di samping delete/ di atas backspace). Lalu pastekan di Microsoft Word, Excel, Paint atau aplikasi lain (sesuai keperluan).

Jika ingin menjadikan screenshot sebagai gambar png, jpg, bmp dan sebagainya, pastekan screenshot di di Paint. Jika gambar yang diinginkan hanya sebagian, silakan crop atau potong terlebih dahulu sebelum disimpan. Sizenya juga bisa diubah dengan menekan icon resize pada toolbar aplikasi Paint.

cara mengambil screenshot di smartphone android dan komputer
Image by screenshotlayar.blogspot.com

Cara mengambil screenshot di Android/ Smartphone:

Untuk mengambil screenshot di smartphone android, caranya tekan tombol on/off bersamaan dengan tombol volume. Biasanya kedua tombol ini berada di samping. Ada yang sejajar, ada pula yang terpisah. Tergantung merek dan tipe smartphone yang digunakan. Biasanya hasil tangkapan layar di Android akan disimpan pada polder terpisah bernama tangkapan layar.

Demikianlah cara mudah mengambil screenshot di smartphone android dan komputer/laptop. Semoga bermanfaat.

About Husni Cahya Gumilar

Tetangga mengenal saya sebagai Guru Honorer, Blogger, Traveler & Web Developer. Dulu saya manis semanis dodol Garut, tapi sekarang imut seimut domba Garut. Ya, orang Garut memang manis dan imut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*