Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Home / Wawasan / Cara Menempatkan Tanda Baca yang Benar, Cek di Sini!

Cara Menempatkan Tanda Baca yang Benar, Cek di Sini!

Cara Menempatkan Tanda Baca yang Benar – Tanda baca ini ibarat pentil, nyaris luput dari perhatian banyak orang namun keberadaannya sangat penting. Dapat kita bayangkan kalau tulisan tanpa tanda baca, akan seperti apa jadinya? Tetap jadi tulisan, tidak akan berubah jadi monster.

Yang termasuk tanda baca di antaranya titik (.), koma (,), titik dua (:), tanda kutip (‘/”), tanda tanya (?), tanda seru (!) dan garis miring (/). Cara menyimpan tanda baca dalam tulisan sebetulnya sangat simpel, tapi kenyataannya masih ada yang salah menempatkannya, termasuk para blogger.

cara menempatkan tanda baca yang benar

Bagaimana cara menempatkan tanda baca yang benar?

#1. Menempatkan tanda baca dalam kalimat

Cara meletakkan tanda baca dalam kata atau kalimat adalah menempel pada kata terakhir. Kecuali untuk tanda kurung (()) dan tanda kutip (‘/”) harus mengapit tulisan yang dikurung atau dikutip.

Contoh yang benar Contoh yang salah
Cara menyimpan titik yang benar. Cara menyimpan titik yang salah .
Garut, Bandung, Surabaya dan Medan. Garut ,Bandung , Surabaya dan Medan .
Berapa harganya? Berapa harganya ?
“tanda kutip” “ tanda kutip “
(tanda kurung) ( tanda kurung )
Tanda seru! Tanda seru !
Garis miring/ strip miring Garis miring / strip mirip

 

#2. Menempatkan tanda baca dalam singkatan

Teknik menyimpanan tanda baca (titik dan koma) dalam singkatan pada dasarnya sama dengan cara menyimpan tanda baca dalam kalimat biasa, yaitu menempel pada huruf terakhir lalu memakai spasi sebelum menulis kata berikutnya.

Contoh cara menyimpan tanda baca titik dan koma dalam singkatan adalah:

Contoh yang benar Contoh yang salah
Husni Cahya Gumilar, S.Pd. Husni Cahya Gumilar SPd.
Husni C. G., S.Pd. Husni CG., S.Pd.
a.n. (atas nama) an. Atau a/n
Yth. Yth,
dll. d.l.l.

 

Tambahan:

Selain tanda baca seperti di atas, ada juga tanda penghubung (-). Cara penulisan tanda hubung yang benar adalah menempel tanpa spasi di antara dua kata yang dihubungkan. Contoh kura-kura, bapak-bapak, ibu-ibu, dan sebagainya.

Cara menulis tanda penghubung yang sering salah penempatan contohnya: kura – kura, bapak– bapak, ibu –ibu dan lain-lain.

Menempatkan tanda baca ini penting karena kalau kita salah menempatkan tanda baca, maka tulisan yang isinya bagus malah jadi tidak menarik perhatian, terkesan kurang rapi dan tidak memahami tata bahasa Indonesia yang benar.

Penempatan tanda baca secara benar pun dapat menambah keyakinan pembaca terhadap isi tulisan karena tulisan terlihat rapi dan terkesan profesional.

Baca juga : Tahukah Anda Cara Menyimpan di dan ke yang Benar?

Demikian cara menempatkan tanda baca yang benar sesuai ejaan bahasa yang disempurnakan (EYD), semoga bermanfaat. Jangan lupa, share artikel ini pada teman Anda! Terima kasih.

About Husni Cahya Gumilar

Tetangga mengenal saya sebagai Guru Honorer, Blogger, Traveler & Web Developer. Dulu saya manis semanis dodol Garut, tapi sekarang imut seimut domba Garut. Ya, orang Garut memang manis dan imut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*