Cara Mendapatkan Facebook App ID dan Application Secret

Mungkin Anda pernah melihat form dalam template WordPress atau plugin yang meminta pengguna untuk mengisi Facebook App Id atau App Secret Facebook. Atau kalau Anda sedang membuat aplikasi yang membutuhkan interaksi dengan akun Facebook, misalnya untuk login pada sebuah website menggunakan Facebook dan lain-lain.

Mendapatkan Facebook App ID dan App Secret itu mudah sekali, tapi kalau tidak tahu caranya, bisa-bisa keliru dalam memasukkan ID. Facebook Application ID dan Secret Facebook berbeda dengan URL akun Facebook. App ID dan App secret diperoleh dari laman developer facebook, sedangkan URL facebook adalah link alamat akun facebook yang bisa dilihat/dicopy langsung dari search bar browser.

Cara mendapatkan Facebook App ID dan Application secret:

1. Silakan masuk ke halaman Facebook Application

cara mendapatkan facebook app id dan app secret facebook

2. Selanjutnya akan muncul popup yang berisi 4 pilihan, yaitu iOS, Android, Facebook Canvas dan Situs Web. Silakan pilih salah satu applikasi yang sedang Anda buat untuk berhubungan dengan Facebook. Dalam hal ini saya akan membuat login ke website dengan menggunakan akun Facebook, maka saya pilih Situs web.

cara mendapatkan facebook app id dan app secret

3. Silakan isi Quick Start for Situs Web dengan nama Aplikasi dan pilih category app Anda.

cara mendapatkan facebook app id dan application secret

 

4. Isi alamat email Ada dan jangan lupa pilih kategori sesuai dengan kebutuhan blog Anda. Kalu klik Buat ID Aplikasi >> isi captca > kirim.

cara membuat facebook app id dan app secret

5. Geser layar ke bawah, tulis URL blog Anda dalam kolom Site URL pada Tell us about your website > klik Next.

cara mendapatkan ID aplikasi facebook dan app secret

6. Geser lagi layar ke bawah, klik Skip to Developer Dashboard pada tab Next Steps.

cara mendapatkan facebook app id dan aplikasi secret

7. Browser Anda akan memunculkan layar baru yang menampilkan Facebook App Id dan App Secret. ID Aplikasi bisa langsung dicopy karena sudah terlihat jelas, sedangkan app secret atau kunci rahasia aplikasi masih tersembunyi. Untuk menampilkan app secret, klik tampilkan >> muncul popup >> masukkan kata sandi facebook Anda >> klik kirim.

cara mendapatkan id aplikasi facebook dan kunci rahasia aplikasi

Kalau kata sandinya benar, app secret facebook akan tampil dan bisa dicopy paste pada aplikasi yang membutuhkan Facebook App ID dan App Secret.

Demikianlah cara mendapatkan Facebook App ID dan App Secret, semoga tutorial ini bermanfaat. Terima kasih.

Baca juga: Cara Menghasilkan Uang Dari Facebook, Klik Kalau Mau!

Leave a Reply

*