Home / Blogging / Cara Mendapatkan 1000 Pengunjung per Hari Untuk Blog Baru

Cara Mendapatkan 1000 Pengunjung per Hari Untuk Blog Baru

Kapan blog bisa mendapatkan 1000 pengunjung per hari? Sebetulnya kita tidak perlu menunggu berbulan-bulan agar blog baru bisa mendatangkan 1000 visitor per hari. Bahkan lebih dari 1000 pengunjung pun bisa! Mau tahu caranya? mari simak tips mendapatkan 1000 pengunjung per hari untuk blog baru berikut ini.

Cara Mendapatkan 1000 Pengunjung per Hari Untuk Blog Baru

1. Jangka Pendek (Tanpa SEO)

Ada 2 cara mudah mendapatkan 1000 pengunjung per hari untuk blog baru tanpa ribet SEO, yaitu submit artikel ke viva log dan share artikel ke facebook.

(a) Submit Artikel ke Viva Log

Saat lounching, trafik blog Anda bisa langsung ramai dikunjungi oleh ribuan pembaca. Cara yang paling mudah adalah submit artikel ke log.viva.co.id. Dengan mengirim artikel ke Viva Log, Anda tidak perlu ribet mikirin SEO onpage atau offpage, dengan template default atau bawaan blogger/wordpress pun pengunjung hari itu bisa sampai ribuan.

Syaratnya susah-susah gampang. Susahnya karena Anda harus memposting artikel yang original, unik dan menarik minat pembaca, terutama menarik minat admin viva log agar artikel Anda ditampilkan di viva log. Selain itu Anda juga harus memasang widget viva log di sidebar blog.

Sedangkan gampangnya karena Anda tidak perlu repot-repot riset keyword, SEO onpage, backlink dan segala macam SEO yang bikin pusing.

Kalau lolos review admin viva log, blog Anda tidak hanya mendapatkan 1000 pengunjung, namun bisa 3000 bahkan lebih. Tergantung kepiawaian Anda mengolah judul artikel.

(b) Share artikel ke facebook

Dengan membagikan artikel ke facebook, Anda bisa mendatangkan lebih dari 1000 pengunjung per hari untuk blog baru Anda. Caranya share artikel ke wall dan group facebook, namun ingat judulnya harus bagus dan relevan dengan konten.

Artikel yang biasa-biasa saja tidak akan mampu mendatangkan trafik yang banyak. Niche yang sudah terbukti ampuh adalah tentang pendidikan, posting berita atau artikel pendidikan kemudian share ke group-group guru yang anggotanya ratusan ribu.

Intinya tema yang dibahas harus matching dengan group tempat kita membagikan artikel tersebut. Kalau tidak sesuai, alih-alih mendapatkan ribuan visitor, Anda malah akan dianggap nyepam.

Ilustrasi: cara mendapatkan 1000 pengunjung per hari untuk blog baru
Ilustrasi: cara mendapatkan 1000 pengunjung per hari untuk blog baru

2. Jangka Panjang (Dengan Teknik SEO)

Kelemahan submit artikel ke viva log atau share ke media sosial yaitu visitor hanya ramai pada hari itu saja. Kalau besok mau dapat ribuan visitor, kita harus submit atau share lagi artikel baru yang tak kalah unik dan menarik.

Untuk jangka panjang, Anda harus mau menggunakan teknik SEO.

Apa itu SEO?

Secara sederhana SEO dapat diartikan sebagai sebuah proses agar blog mendapatkan banyak pengunjung. SEO sendiri terbagi 2, yaitu SEO onpage dan SEO offpage.

SEO onpage adalah optimisasi blog dari dalam situs itu sendiri, seperti desain blog, tata letak menu, kelengkapan laman, penempatan gambar, link internal, link keluar, penempatan kata kunci dan yang paling penting adalah konten. Buatlah konten yang volume pencariannya tinggi lalu kemas dengan bahasa yang baik dan mudah dipahami oleh pembaca.

Sedangkan SEO offpage yaitu backlink (link balik) dari blog lain ke blog kita. Bisa dibuat dengan cara meninggalkan komentar saat blogwalking atau membuat signature di forum. Ini penting tapi tidak begitu memberi pengaruh besar dalam mendatangkan visitor.

Menurut pengalaman saya pribadi, kunci sedikit banyaknya trafik adalah volume pencarian. Artikel yang banyak dicari dapat mendatangkan ribuan visitor per hari, sedangkan artikel yang volume pencariannya sedikit akan mendatangkan pengunjung yang sedikit pula.

Untuk mengetahui topik apa yang volume pencariannya sangat tinggi, silakan lakukan riset keyword di volume pencarian Google AdWords, gratis!

Namun untuk blog yang masih baru, Anda harus sedikit bersabar untuk mendapatkan 1000 pengunjung per hari. Setidaknya tunggu sampai 1 atau 4 bulan. Tergantung kualitas dan kwantitas artikel blog Anda sendiri.

Kenapa begitu?

Karena ketika artikel di publish, dia butuh waktu untuk menempati halaman pertama Google secara stabil. Kalau artikelnya berkualitas, perlahan tapi pasti posisi artikel di SERP akan terus merangkak naik dan menggeser artikel blog lain.

Semakin sering publish artikel berkualitas yang volume pencariannya tinggi, satu atau dua bulan kemudian blog Anda akan kebanjiran trafik.

Rumusnya adalah banyak x banyak. Banyak artikel (kalau bisa) x banyak pencari = banyak pengunjung.

Kesimpulan

Cara mendapatkan 1000 pengunjung per hari untuk blog baru adalah:

1. Buat artikel berkualitas dengan judul dan konten yang menarik, lalu submit ke viva log dan share ke media sosial.

2. Buatlah artikel yang volume pencariannya sangat tinggi, buat artikel sebagus mungkin dengan redaksi yang berbeda dari artikel milik orang lain agar kelak dapat bersaing di SERP. Lakukan secara rutin.

Anda bisa menggunakan cara pertama, cara kedua atau menggabungkan keduanya.

Selamat mencoba semoga artikel ini dapat bermanfaat. Jangan lupa berdo’a, percayalah Anda akan berhasil!

About Husni Cahya Gumilar

Tetangga mengenal saya sebagai Guru Honorer, Blogger, Traveler & Web Developer. Dulu saya manis semanis dodol Garut, tapi sekarang imut seimut domba Garut. Ya, orang Garut memang manis dan imut.

10 comments

  1. Keren kang, se keren orangnya.. Maju terus, sukses selalu.. Berkah dan berlimpah. Aamiin..

    • Husni Cahya Gumilar

      Alhamdulillah, ada pembaca keren mampir. hehe
      Aamiin..terima kasih atas do’anya..semoga Kang Ef juga makin sukses..

  2. Saya ingin bertanya nih sebagai pemiliki blog baru…
    Untuk mendapatkan pengunjung organik kira-kira nunggu berapa lama mas?
    Satu pertanyaan lagi, mungkin sedikit melenceng tapi tolong dijawab mas : Backlink mulai terhitung setelah blog umur berapa? Saya masih bingung nih udah cari backlink tapi jumlahnya masih nol…
    Terima kasih

    • Husni Cahya Gumilar

      Sebelumnya terima kasih telah berkunjung dan memberi tanggapan.
      Jawaban untuk pertanyaan pertama, relatif mas. Di bawah sebulan juga bisa dapat pengunjung organik dari mesin pencari. Untuk materi blogging sendiri sebetulnya kurang bagus untuk memburu trafik dan main adsense.
      Yang kedua, mengenai backlink gk usah diburu mas. Nanti juga bakal banyak yang bikinin backlink natural buat blog kita mas..
      Terima kasih.., maaf jika jawabannya kurang memuaskan..

  3. Wah, saya malah baru tahu tentang viva log…huhuhu
    Makasih informasinyaa

  4. Artikel keren mas. Oh ya mau nanya mas, apakah semakin panjang artikel seo nya semakin bagus ?

    • Husni Cahya Gumilar

      Terima kasih mas Bayu.
      Ada teori (lupa sumbernya) yang menyebutkan semakin panjang sebuah artikel maka kesempatan untuk menempati page one semakin kuat. Tapi teori itu tidak mutlak, ada juga artikel pendek yang padat dan tepat menempatkan kata kunci justru malah mengalahkan artikel panjang yang muter-muter. Tapi kalau panjang & berbobot itu pasti lebih baik, saya sendiri belum mampu mas..

  5. teknik yang pertama udah pernah saya coba waktu itu tahun 2011 di luarota.wordpress.com emang benar gan luar biasa saya pun merasakan visitor ribuan masuk dalam sehari bahkan artikel saya yang saya kirim ke viva log pernah bertengger di slide show nya vivanews yang lebih dari ribuan yang masuk ke blog saya. sangat luar biasa

    entah alasan apa postingan saya yang saya kirim ke viva log di hapus

    dan sudah di terlacak laki di viva news, waktu itu saya posting dengan hutang seluruh negara didunia.

    dan setelah di hapus oleh viva news mendadak turun drastis

    emang seo lah cara ampuh untuk bertengger di google

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *