Home / Blogging / Cara Mematikan RSS Feed di WordPress Untuk Mencegah Pencurian Artikel

Cara Mematikan RSS Feed di WordPress Untuk Mencegah Pencurian Artikel

Mematikan RSS Feed di WordPress atau memasang plugin/script anti copas dan righ click tidak bisa menghentikan plagiarism, namun setidaknya disable RSS Feed bisa meminimalisir pencurian konten yang menggunakan sitem autoblog.

Maraknya pencurian artikel saat ini cukup memprihatinkan, script anti copas dan right click yang sudah dianggap ketat ternyata masih bisa dibobol. Lebih sakit hati lagi kalau artikel blog dicuri menggunakan AGC (auto generate content) atau dikenal dengan instilah autoblog. Di mana setiap kita mempublis artikel baru, tidak lama kemudian artikel yang sama persis muncul di blog pencuri konten.

Baru-baru ini saya mengalaminya, sudah cape-cape berusaha mengumpulkan referensi dari berbagai sumber dan menulisnya dengan kalimat sendiri. Memang tidak bagus, namun bangga karena hasil jerih payah sendiri. Eeh..tahu-tahunya ada orang yang enak-enakan tidur tapi blognya ikut update setiap blog saya update. Waktunya hanya berselang beberapa menit, kontennya sangat mirip, tak ada 1 huruf pun yang diedit.

Kalau dicopas untuk keperluan offline saya tidak terlalu mempermasalahkannya, tapi kalau dicopas untuk dipublikasikan di media online, jelas saya merasa sangat dirugikan karena Google mendeteksi ada duplikat konten. Parahnya lagi, beberapa keyword malah blog pencuri yang ada di posisi teratas.

Saya sudah coba cari sana-sini, termasuk buat thread di forum, jawabannya sama. Kalau dikumpulkan, jawaban cara menghentikan pencurian konten kurang lebih seperti ini:

  1. Pasang script anti copas untuk mencegah pencurian konten oleh copaser kelas teri
  2. Setting RSS Feed dan umpan blog menjadi singkat
  3. Jika sudah terlanjur, coba hubungi si pencuri artikel
  4. Coba komplen ke provider web hostingnya
  5. Komplen ke Google DMCA
  6. Matikan RSS Feed
  7. Bersabar dan ikhlankan

Point 1 sampai 4 sudah saya lakukan, namun hasilnya nihil. Baru saja saya nemu cara menghentikan pencurian artikel poin 6, yaitu dengan mematikan RSS Feed. Poin 7 sedang saya upayakan.

Kebetulan blog saya yang artikelnya dicuri menggunakan WordPress selfhosted, jadi saya mencari cara mematikan RSS Feed di Blog WordPress. Alhamdulillah, nemu di situs resmi WordPress.org.

cara mematikan rss feed di blog wordpress
Contoh tampilan RSS Feed Blog Husnicahyagumilar.com

Cara Mematikan RSS Feed di WordPress

RSS Feeds adalah singkatan dari Rich Site Summary, pada awalnya Site Summary RDF dan sering dijuluki Really Simple Syndication, yaitu sebuah format umpan pada situs web yang digunakan untuk menerbitkan dokumen yang baru saja diperbarui pada website.

Untuk disable fungsi RSS Feed di blog WordPress adalah sebagai berikut:

1. Pastikan Anda sudah login ke dasbor WordPress

2. Buka function.php (Tampilan > Tema > Sunting > cari function.php)

3. Copy kode di bawah ini, dan pastekan di bawah tag <?php

// Disable feeds

function my_disable_feed() {

                wp_die( __(‘No feed available, please visit our <a href=”‘. get_bloginfo(‘url’) .'”>homepage</a>!’) );

}

add_action(‘do_feed’, ‘my_disable_feed’, 1);

add_action(‘do_feed_rdf’, ‘my_disable_feed’, 1);

add_action(‘do_feed_rss’, ‘my_disable_feed’, 1);

add_action(‘do_feed_rss2’, ‘my_disable_feed’, 1);

add_action(‘do_feed_atom’, ‘my_disable_feed’, 1);

5. Simpan

Catatan: Untuk melihat perbedaannya, sebelum disimpan silakan tes RSS Feed blog Anda dengan mengetik URL hompage/feed (contoh: ttp://blogente.com/feed). Lalu setelah function.php disimpan, coba lihat lagi dengan mengetik URL yang sama (contoh: ttp://blogente.com/feed).

Jika berhasil, akan muncul tulisan No feed available, please visit our homepage!

Apakah mematikan RSS Feed ini ampuh menghentikan pencurian artikel dengan AGC? Mudah-mudahan saja. Silakan dicoba, semoga berhasil!

About Husni Cahya Gumilar

Husni Cahya Gumilar

Blogger Garut, Jawa Barat. Lembur banjar karang pamidangan pituin ti Banjarwangi.

2 comments

  1. gan,klo rss di wordpress self hosted di non aktifkan/di matikan,apakah berpengaruh ke jumlah penayangan artikel itu di search engine? misalnya jadi menurun gitu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *