Cara Memasang Parabola Digital dan Mencari Sinyal

Cara memasang parabola digital dan mencari sinyal – Cara memasang parabola digital itu tidak sulit, karena sebenarnya di LNB atau reciever nya juga sudah ada petunjuk pemasangan. Yang kita butuhkan adalah teman untuk membantu memasang parabola.

Tapi buku manual di LNB dan receiver tidak menjelaskan secara rinci langkah demi langkah cara memasang parabola, sehingga jika kita ingin memasang sendiri parabola digital akan sedikit bingung kalau tidak ada pengalaman pemasangan parabola yang benar.

Cara memasang parabola digital dan mencari sinyal

Baiklah langsung saja simak langkah-langkah cara memasang parabola digital dari tahap awal sampai muncul sinyal dan kita bisa nonton siaran televisi dengan nyaman.

#1. Merakit disk parabola

Saya kita cara merakit disk parabola bisa Anda lakukan dengan mudah, karena tinggal menyambungkan piringan-piringan dengan mur dan baud yang sudah disediakan. Agar pemasangannya mudah, sandarkan disc parabola pada dinding rumah. Jika dibiarkan di tanah akan sulit menjangkau bagian terdalamnya. Sekaligus pasang besi untuk memasukkan disk parabola ke tiang parabola dan tempat tiang LNB.

#2. Pasang LNB

Setelah disk parabola selesai dirakit, langkah memasang parabola selanjutnya adalah memasang LNB. Cara pemasangan LNB bisa lihat gambar berikut:

1 cara memasang parabola digital


LNB Palapa (colokan 2) di dekat tiang LNB, dan TELKOM di lubang yang lebar. Sambungkan kedua LNB dengan kabel seprti gambar di atas. Colokan yang satunya lagi pada LNB Palapa untuk kabel ke receiver, lihat jangan sampai tertukar.

2 cara memasang parabola digital

Atur ketinggian LNB masing-masing di angka 40

3 cara memasang parabola digital

Garis angka 0 kedua LNB harus lurus

4 cara memasang parabola digital

Pastikan juga besi di dalam LNB membentuk garis lurus

#3. Pasang tiang parabola

Setelah pemasangan LNB selesai, biarkan dulu jangan dipasangkan ke disk parabolanya. Pasang dulu tiang parabola tempat menyimpan disknya. Usahakan pemasangan tiang parabola harus lurus, kuat dan di tempat yang terbuka (tidak terhalang) agar pencarian sinyal mudah.

#4. Masukkan disk parabola ke tiang

Langkah memasang parabola selanjutnya adalah masukkan disk ke tiang parabola yang sudah dipasang dengan kuat. Kemudian buka besi siku-sikunya agar disk bisa dimiringkan untuk memudahkan memasukkan tiang LNB ke disk parabola. Setelah tiang LNB nya masuk, kembalikan posisi siku-siku seperti semula. Lihat gambar di bawah!

5 cara memasang parabola digital

#5. Siapkan receiver dan televisi

Sambungkan kabel dari LNB ke receiver, dan sambungkan kabel TV ke receiver. Agar memudahnya pencarian sinyal parabola, tempatkan receiver dan TV di dekat tiang parabola.

#6. Mencari sinyak parabola

Tahap pemasangan parabola digital berikutnya adalah mencari sinyal. Cara mencari sinyal parabola digital adalah arahkan LNB palapa ke arah kiblat, lalu disk nya agak miring ke kanan. Coba putar-putar disk dan tiang LNB dengan posisi tadi sampai menemukan sinyal yang pas. Kalau agak sulit mencari sinyal parabola, ketinggian tiang LNB juga bisa diatur. Agar mudah melihat intensitas sinyal, tekan info pada remote controle receivernya.

#7. Mengatur program parabola

Setelah sinyal LNB Palapa dan Telkom muncul semua, silakan atur programnya seperti mengatur urutan chanel TV, menghapus chanel kosong, dan lain-lain. Kalau sudah selesai silakan rapihkan kabel ke TV agar tidak terganggu.

Demikanlah tutorial Cara memasang parabola digital dan mencari sinyal, semoga dapat membantu Anda. Terima kasih, selamat mencoba dan semoga berhasil.

Leave a Reply

*