Home / Islami / Cara Melatih Anak Untuk Shalat 5 Waktu

Cara Melatih Anak Untuk Shalat 5 Waktu

Cara melatih anak untuk shalat – Setiap umat Islam pasti tahu, mendirikan shalat 5 waktu merupakan kewajiban bagi setiap muslim yang sudah baligh, yakni anak laki-laki 15 tahun dan anak perempuan 9 tahun atau sudah haid.

Berikut ini dalil-dalil yang memerintahkan shalat 5 waktu:

1. Al-Quran surat al-Baqarah ayat 43, yang artinya:

“Dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan ruku’lah beserta orang-orang yang ruku.”

2. QS ar-Baqarah ayat 83:

“Dan (ingatlah), ketika Kami mengambil janji dari Bani Israil (yaitu): Janganlah kamu menyembah selain Allah, dan berbuat kebaikanlah kepada ibu bapa, kaum kerabat, anak-anak yatim, dan orang-orang miskin, serta ucapkanlah kata-kata yang baik kepada manusia, dirikanlah shalat dan tunaikanlah zakat. Kemudian kamu tidak memenuhi janji itu, kecuali sebahagian kecil daripada kamu, dan kamu selalu berpaling.”

3. al-Qur’an surat al-Baqarah ayat 110:

“Dan dirikanlah shalat dan tunaikanlah zakat. Dan kebaikan apa saja yang kamu usahakan bagi dirimu, tentu kamu akan mendapat pahala nya pada sisi Allah. Sesungguhnya Alah Maha Melihat apa-apa yang kamu kerjakan.”

4. QS. An-Nisa ayat 77:

“Tidakkah kamu perhatikan orang-orang yang dikatakan kepada mereka: “Tahanlah tanganmu (dari berperang), dirikanlah sembahyang dan tunaikanlah zakat!” Setelah diwajibkan kepada mereka berperang, tiba-tiba sebahagian dari mereka (golongan munafik) takut kepada manusia (musuh), seperti takutnya kepada Allah, bahkan lebih sangat dari itu takutnya. Mereka berkata: “Ya Tuhan kami, mengapa Engkau wajibkan berperang kepada kami? Mengapa tidak Engkau tangguhkan (kewajiban berperang) kepada kami sampai kepada beberapa waktu lagi?” Katakanlah: “Kesenangan di dunia ini hanya sebentar dan akhirat itu lebih baik untuk orang-orang yang bertakwa, dan kamu tidak akan dianiaya sedikitpun.”

5. QS. Surat An-Nisa ayat 103:

“Maka apabila kamu telah menyelesaikan shalat(mu), ingatlah Allah di waktu berdiri, di waktu duduk dan di waktu berbaring. Kemudian apabila kamu telah merasa aman, maka dirikanlah shalat itu (sebagaimana biasa). Sesungguhnya shalat itu adalah fardhu yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman.”

Dan masih banyak lagi ayat-ayat lainnya dalam Al-Qur’an yang memerintahkan shalat 5 waktu.

cara melatih anak agar rajin shalat

Lalu bagaimana cara mengajarkan anak agar rajin shalat?

1. Ajak anak untuk shalat berjamaah

Ajaklah anak-anak untuk shalat berjamaah bersama Anda. Lakukan mulai dari proses mengambil air wudhu. Ingatlah, bukan menyuruh tapi mengajak sambil memberi contoh.

Jangan menyuruh anak untuk shalat kalau Anda sendiri belum menunaikannya, karena anak Anda akan menjawab “Bapak juga belum shalat”.

2. Ingatkan setiap waktu shalat tiba

Jika kesibukan menuntut Anda untuk berada di luar rumah dan tidak bisa mengajak anak untuk shalat berjamaah, maka ingatkan anak Anda dengan sms atau telp setiap waktu shalat tiba.

3. Tanamkan kesadaran sejak dini

Berceritalah pada anak Anda, tentang hak dan kewajiban manusia di muka bumi, termasuk mendirikan shalat, pahala shalat dan siksa bagi yang meninggalkannya sehingga anak memiliki kesadaran untuk mendirikannya.

Demikianlah, cara sederhana melatih anak untuk shalat. Ingatlah, jika Anda membiarkan anak dan istri/suami meninggalkan shalat, maka Anda akan menanggung dosa.

Baca juga : 3 Tips Menghilangkan Rasa Malas Sholat. Semoga bermanfaat.

About Husni Cahya Gumilar

Tetangga mengenal saya sebagai Guru Honorer, Blogger, Traveler & Web Developer. Dulu saya manis semanis dodol Garut, tapi sekarang imut seimut domba Garut. Ya, orang Garut memang manis dan imut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *