Cara Cepat Belajar Mengetik 10 Jari untuk Pemula

Cara Cepat Belajar Mengetik 10 Jari untuk Pemula – Halo sahabat, kali ini saya akan berbagi tips cara belajar mengetik 10 jari agar cepat lancar tanpa melihat keyboard atau papan ketik.

Sebelum memulai belajar mengetik 10 jari, Anda harus yakin bahwa Anda pasti bisa. Kalau orang lain bisa, kenapa kita tidak? Kuncinya adalah punya kemauan dan keras belatih, karena pepatah mengatakan “tidak ada prajurit terlatih, yang ada prajurit yang terus berlatih”.

Baiklah, langsung saja simak cara cepat belajar mengetik 10 jari berikut ini:

Cara Cepat Belajar Mengetik 10 Jari untuk Pemula

Mengetik 10 jari adalah menggunakan semua jari tangan kita untuk mengetikkan huruf atau angka pada keyboard sesuai dengan posisi dan fungsi masing-masing jari. Setiap jari tangan memiliki tugas yang berbeda.

cara cepat belajar mengetik 10 jari

Setelah mengetahui pembagian tugas jari, selanjutnya mulai latihan mengetik 10 jari dengan menulis kata ala (1 page), aku (1 page), suka (1 page), latihan (1 page) dan seterusnya mulai dari kata yang pendek sampai kata yang panjang (tanpa melihat keyboard), masing-masing kata diketik sebanyak 1 lembar (page).

Tips:

  1. Hapalkan fungsi jari tangan dengan terus berlatih mengetik. Jika terasa sulit, biasakan!
  2. Semua jari tangan berada di atas keyboard, kelingking kiri menempel pada huruf a, kelingking kanan menempel pada huruf p, kedua ibu jari menempel pada spasi.
  3. Biasakan tidak melihat keyboard saat mengetik, karena posisi huruf di keyboard tidak akan berpindah. Bisa juga latihan mengetik 10 jari di tempat gelap.
  4. Jika terjadi kesalahan ketik, langsung edit.
  5. Kalau sudah merasa lancar mengetik 1 kata dan merasakan apabila terjadi kesalahan ketik, selanjutnya berlatih mengetik 2 kata, 3 kata dan seterusnya. Misalnya : latihan mengetik latihan mengetik latihan mengetik, dan seterusnya sampai 1 page penuh.
  6. Kalau sudah lancar mengetik beberapa kata, coba putar lagu slow kemudian ketik syair lagu tersebut.
  7. Buat target waktu setiap kali Anda latihan mengetik 10 jari, misalnya 1 lembar naskah harus selesai 3 menit. Terus berlatih mengetik 10 jari sampai mahir.

Demikian tips cara cepat belajar mengetik 10 jari yang bisa saya share, semoga bermanfaat!

Discussion

  1. chezy18

Leave a Reply

*