Home / BPJS / Cara Berobat ke Rumah Sakit Menggunakan BPJS

Cara Berobat ke Rumah Sakit Menggunakan BPJS

Cara Berobat ke Rumah Sakit Menggunakan BPJS – Sudah punya kartu BPJS? Kalau belum mempunyai punya, silakan baca persyaratan dan cara daftar BPJS kesehatan. Bagi yang sudah menjadi peserta BPJS, tidak ada salahnya jika Anda menyimak cara berobat menggunakan BPJS di bawah ini.

Banyak peserta BPJS yang tidak tahu bagaimana prosedur pelayanan BPJS kesehatan atau cara menggunakan kartu BPJS untuk berobat ke rumah sakit. Padahal berobat ke rumah sakit menggunakan kartu BPJS sebetulnya cukup mudah.

cara berobat ke rumah sakit menggunakan bpjs kesehatan

Syarat berobat ke rumah sakit menggunakan BPJS Kesehatan

Jika peserta BPJS Kesehatan mau berobat atau akan dirawat di rumah sakit menggunakan BPJS, seperti biasa si peserta diperiksakan dahulu ke dokter atau puskesmas terdekat lalu minta surat rujukan ke rumah sakit, kecuali jika keadaan pasien kritis atau darurat.

Syarat berobat ke rumah sakit menggunakan kartu BPJS kesehatan adalah:

  1. Foto copy KTP
  2. Foto Copy Kartu Keluarga
  3. Foto Copy Surat Rujukan
  4. Foto Copy Kartu BPJS dan kartu BPJS asli

Bawa persyaratan di atas, lalu datang ke rumah sakit yang melayani kartu BPJS. Jika akan berobat ke poli, usahakan datang agak pagi karena biasanya suka antri. Jika berangka ke rumah sakit sore atau mau dirawat inap, masuklah ke Instalasi Gawat Darurat (IGD).

Masukkan pasien ke ruang IGD lalu serahkan persyaratan berobat dengan BPJS di atas ke bagian pendaftaran. Setelah beberapa saat, biasanya perawat atau dokter akan memeriksa keadaan pasien dan memberi resep untuk diambil di apotik rumah sakit.

Berobat ke rumah sakit menggunakan BPJS ini hampir sama dengan berobat menggunakan kartu jamkesmas atau jamkesda. Biaya perawatannya akan dibayar oleh BPJS, kecuali ada obat yang kosong dan harus dibeli di luar.

Demikianlah cara berobat ke rumah sakit menggunakan BPJS yang bisa saya share di sini, semoga bermanfaat. Jika informasi ini cukup membantu, silakan share ke facebook, google+ dan twitter. Terima kasih.

About Husni Cahya Gumilar

Husni Cahya Gumilar

Blogger Garut, Jawa Barat. Lembur banjar karang pamidangan pituin ti Banjarwangi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *