Home / Bisnis / Bukan Hoax! Kerja 2 Jam Sehari di Rumah Dibayar Dollar, Begini Caranya

Bukan Hoax! Kerja 2 Jam Sehari di Rumah Dibayar Dollar, Begini Caranya

Indonesia sedang mengalami perlambatan ekonomi, begitulah kata para ahli. Nilai tukar rupiah terhadap dollar terus melemah, akibatnya kita makin susah mencari nafkah, harga-harga melambung tinggi, harga susu tidak terbeli hingga akhirnya anak kami kurang gizi, begitulah kata bang Iwan Fals dalam Galang Rambu Anarki.

Lowongan pekerjaan makin sempit, terlebih di era MEA tenaga kerja asing membanjiri negeri ini. Persaingan bisnis semakin ketat, bahkan lebih ketat dari bikini. Namun roda kehidupan terus berputar, kita tidak boleh berpangku tangan, harus tetap memutar otak agar bisa berdaulat pangan, sandang dan papan.

Mensyukuri apa yang ada adalah cara terbaik untuk terhindar dari stress dan membuka pintu rezeki, karena dalam al-Qur’an surat Ibrahim ayat 7 disebutkan “Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan: “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih”.

Tidak bisa dipungkiri, sekarang zamannya online. Buktinya, jasa ojek yang dulunya dipandang sebelah mata, sekarang menjadi tren dan fenomenal karena dikemas dalam aplikasi Go-jek yang bikin Pak Jokowi kepincut. CEO Go-jek, Nadiem Makarim, sampai dibawa ke negeri Paman Sam oleh Bapak Presiden ke-7 Republik Indonesia.

Tidak mau kalah, bukalapak.com yang mengklaim dirinya sebagai marketplace ukm terbesar di Indonesia semakin gencar mempromosikan pasar onlinenya. Dari sudut lain, ada travekola yang menjual tiket online dengan omset triliunan rupiah setiap tahunnya.

Mereka ini hanya sebagian kecil contoh startup yang sukses besar dalam bisnis online berbasis aplikasi. Faktanya, di Indonesia ada ratusan bahkan ribuan startup yang mampu menggerakan roda perekonomian dan meningkatkan taraf hidup pelakunya.

Akhirnya, bisnis online yang awalnya dipandang sebelah mata, kini mendapat perhatian serius dari pemerintahan Kabinet Kerja. Pemerintah mendorong agar sedikitnya ada 200 startup baru di Indonesia, pemerintah juga mendorong agar startup mendapat kemudahan pembiayaan/ kredit dari bank.

Itu kan berangkatnya dengan modal besar, bagaimana kalau ingin memulai bisnis online tanpa modal?

Sebetulnya tidak ada bisnis yang tanpa modal. Semua perlu modal, baik modal mental, skill maupun modal material. Faktanya, tidak semua usaha harus dimulai dengan modal uang. Kita bisa menyalurkan kemauan dan kemampuan serta memanfaatkan material yang sudah ada di rumah.

kerja di rumah dapat dollar

Coba cermati judul artikel ini “Bukan Hoax! Kerja 2 Jam Sehari di Rumah Dibayar Dollar, Begini Caranya”.

Bagaimana bisa, menghasilkan dollar dari rumah dengan hanya bekerja 2 jam sehari di situasi ekonomi sulit seperti sekarang ini? Pertanyaan ini yang akan kita pecahkan dalam pembahasan kali ini.

Menghasilkan uang dari rumah bisa dilakukan oleh siapa saja, tidak harus profesional, pelajar dan ibu rumah tangga pun bisa. Caranya adalah menulis. Ya, menulis bisa menghasilkan uang dollar lho!

Alat yang dibutuhkan:

Peralatan yang dibutuhkan untuk menghasilkan dollar dari rumah dengan cara menulis adalah :

  • Komputer atau laptop. Tidak perlu printer, cukup komputer saja.
  • Modem
  • Kartu perdana yang sudah terisi paket internet. Lebih bagus lagi kalau menggunakan jaringan telepon speedy.

Langkah-langkahnya:

  • Buatlah blog gratis di blogger.com (blogspot.com) atau blog self hosting dengan top level domain di WordPrss.org. Jika belum tahu cara buatnya, silakan buat di Jasaku Developer. Di Jasaku Developer Anda tidak hanya bisa membuat blog profesional, namun juga bisa konsultasi bagaimana cara mengelolanya agar bisa menghasilkan uang.
  • Mulai menulis. Apa yang harus ditulis di blog? Apa saja, contohnya tentang pendidikan, bisnis, islami, tempat wisata, gaya hidup, kuliner, tips atau informasi apa saja yang dibutuhkan oleh pembaca. Yang penting konten positif, bermanfaat, tidak melanggar hak cipta, tidak melanggar undang-undang, tidak mengandung ujaran kebencian dan tidak melanggar kebijakan Google.
  • Menulislah setiap hari sebanyak yang kita bisa. Kalau waktu kita terbatas, 2 jam juga cukup. Dalam dua jam bisa menghasilkan 1 sampai 5 artikel. Tergantung kebiasaan dan kemauan. Tidak bisa menulis? BOHONG!
  • Jika setiap hari rutin menulis 2 buah artikel (usahakan minimal 300 kata), maka kita bisa menghasilkan 60 artikel per bulan. Dalam 3 bulan pertama, ada 180 artikel di blog kita. Jika rasio artikel : pengunjung = 1 : 5, maka setiap hari blog Anda akan dibuka oleh 180 artikel x 5 orang = 900 orang per hari atau sekitar 27.000 orang per bulan. Angka itu akan terus meningkat setiap bulannya seiring dengan peningkatan jumlah artikel, apalagi kalau rasio pembacanya 1 : 10.
  • Setelah berisi artikel dengan jumlah yang cukup, misalnya 60 artikel, daftarkan blog Anda ke Google AdSense. Google AdSense adalah program periklanan milik Google. Sistemnya pay per click (PPC), artinya kita akan dibayar $ oleh Google, apabila iklan yang tayang di blog kita dilik oleh pembaca. Jumlah klik iklan normal adalah maksimal 5% dari jumlah pengunjung. Jika dalam sehari kita punya 5.000 pengunjung dengan jumlah klik 2% dan tarif per klik $0,05 maka kita akan dapat 5.000 x 5% x $0,05 = $5 per hari atau sekitar Rp. 67.500,- (+ Rp. 2 juta per bulan).
  • Angka-angka di atas bukan patokan, bisa lebih kecil atau lebih besar. Kembali ke Anda, rajin dan kerja keras atau malas? Faktanya, banyak yang sudah mendapat ribuan dollar setiap bulan, silakan cari sendiri pengakuan mereka di Youtube.
  • Kapan akan mulai mendapatkan uang? Penghasilan dari iklan AdSense akan dibayarkan setiap bulan kalau setiap bulannya mencapai minimal $100. Bila belum mencapai $100 maka penghasilan akan dibayarkan pada bulan berikutnya. Untuk mencapai itu, kuncinya adalah terus menulis. Kalau blog sudah ramai pembaca, Anda tinggal menikmati hasilnya.
  • Berapa lama dari awal hingga bisa gajian tiap bulan? relatif, ada yang sudah bisa gajian tiap bulan setelah 3 bulan ada juga yang baru bisa menikmati gajian tiap bulan setelah 1 tahun. Kembali ke do’a, ikhtiar dan rezeki masing-masing.

Silakan dicoba, semoga berhasil!

About Husni Cahya Gumilar

Tetangga mengenal saya sebagai Guru Honorer, Blogger, Traveler & Web Developer. Dulu saya manis semanis dodol Garut, tapi sekarang imut seimut domba Garut. Ya, orang Garut memang manis dan imut.

4 comments

  1. Artikelnya sangat berbobot sekali mas…. padat dan bermanfaat…

  2. Mantep jiwa artikelnya bung HCG ini, ulasan yg bermanfaat.

    Salam kenal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *