Home / Blogging / Blogger Banjarwangi Berlatih Lomba SEO, Siapa Jawaranya?

Blogger Banjarwangi Berlatih Lomba SEO, Siapa Jawaranya?

Blogger Banjarwangi merupakan sebutan bagi warga Kecamatan Banjarwangi Kabupaten Garut yang memiliki hobi ngeblog. Setiap hari Rabu sore, sekira pukul 15.00 WIB (Waktu Indonesia Bagian Banjarwangi) mereka berkumpul di suatu tempat yang telah disepakati untuk belajar ngeblog bareng dan saling berbagi pengalaman; termasuk pengalaman patah hati karena berulang kali ditolak cinta oleh Google AdSense.

Hingga tulisan ini dipublish, Blogger Banjarwangi terhitung sudah melakukan empat kali pertemuan. Pertemuan pertama di SDN Banjarwangi 01, kedua di rumah mastah Agit, ketiga di SDN Banjarwangi 01 dan terakhir di SMK Insan Mandiri. Setiap pertemuan selalu ada materi baru, mulai dari cara membuat blog gratis di Blogger, membuat blog WordPress self hosting, SEO (search engine optimization) hingga monetisasi blog.

Blogger Banjarwangi
Suasana ngeblog bareng Blogger Banjarwangi

Meskipun telah rutin melakukan pertemuan, kawan-kawan blogger Banjarwangi belum mengukuhkan diri menjadi sebuah komunitas blogger di Kecamatan Banjarwangi. Sehingga masih belum terbentuk kepengurusan, masih kumpul-kumpul. Tapi ini bukan Kempel Kumpul di Naklak yang digagas mastah Hayun dan Bah Acyl.

Berlatih SEO ala Blogger Banjarwangi

Sejauh ini SEO masih memegang peranan penting dalam dunia blogging. Dengan SEO, kita bisa menempatkan artikel di page one (halaman pertama) SERP (search engine result page) atau halaman hasil pencarian, terutama mesin pencari Google.

Blogger Banjarwangi pun tak mau ketinggalan belajar SEO. Usai pertemuan ke-4 di SMK, para mastah wak wek wok sepakat mempraktekkan teori SEO yang telah dipelajari dengan cara mengadakan lomba SEO. Keyword (kata kunci) lomba minggu ini yaitu “Blogger Banjarwangi”.

Jawaranya dapat dilihat pada Rabu (2/11) mendatang. Siapa yang akan jadi jawara SEO Banjarwangi pekan ini? Cek sendiri aja di SERP Google.

Latihan Lomba SEO Blogger Banjarwangi bukan untuk menunjukkan siapa master siapa newbie. Tetapi untuk saling memotivasi dalam belajar SEO, agar ketika nanti mereka memutuskan menjadi blogger full time, mereka tidak lagi bingung mencari pengunjung blog.

Masih ‘Usum’ Lomba SEO?

Zaman now, lomba SEO memang sudah sangat jarang. Pihak-pihak yang mau promosi lewat blog, cenderung memilih lomba blog daripada lomba SEO. Perbedaan lomba SEO dan lomba blog antara lain, lomba SEO penilaiannya berdasarkan ranking blog di SERP Google, sedangkan lomba blog penilaian berdasarkan kualitas tulisan.

Saya sendiri dulu sering mengikuti lomba blog, beberapa kali pernah menang. Seperti lomba blog MatahariMall.com, lomba blog BPJS Ketenagakerjaan bersama detikcom, lomba blog Qwords dan lain-lain. Tetapi belakangan ini boro-boro ikutan lomba blog, posting di blog sendiri saja sudah jarang. Alasannya karena sibuk dengan urusan offline, padahal tidak sibuk-sibuk amat. Mastah amat juga tidak sibuk. Prett…

Alhamdulillah, dengan adanya pertemuan rutin blogger Banjarwangi, saya jadi termotivasi untuk menulis lagi. Tulisan ini merupakan tulisan pertama saya setelah kurang lebih 5 bulan off ngeblog. Kamu jangan bilang, emang nanya?

Yang sering ikut ngumpul bareng blogger Banjarwangi tentu hanya sebagian kecil. Di luar sana masih banyak mastah, semoga di kesempatan berikutnya mereka berkenan ikut gabung berbagi pengalaman dan wawasan seputar blogging dan bisnis online.

Tulisan ini memang ngelantur, karena saya buat untuk meladeni tantangan para master SEO Banjarwangi… ciee… Jika kamu penasaran dengan tulisan-tulisan saya? Cek aja blog ini tiap hari, OK!

Sampai jumpa di artikel berikutnya. Salam hangat dari Blogger Banjarwangi yang manis dan imut.

About Husni Cahya Gumilar

Husni Cahya Gumilar

Blogger Garut, Jawa Barat. Lembur banjar karang pamidangan pituin ti Banjarwangi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *