Home / Bisnis / Bisnis Apa Yang Cocok Untuk Guru?

Bisnis Apa Yang Cocok Untuk Guru?

Guru dan bisnis tidak bisa dipisahkan, karena orang yang sukses berbisnis tidak luput dari jasa-jasa gurunya mulai dari jenjang pendidikan terbawah sampai sekolah tertinggi yang pernah diikutinya. Di sekolah lah, pebisnis diajarkan cara membaca, berhitung, teori-teori ekonomi dan kewirausahaan.

Teman-teman guru jangan merasa tersinggung kalau Pak Menteri Anies Baswedan mengatakan guru jangan hanya jago teori. Logikanya sederhana, kalau guru mampu melahirkan para pengusaha, kenapa guru sendiri tidak bisa mencari peluang usaha yang cocok untuk guru?

Gaji guru honorer Rp. 300 ribu itu sudah dari dulu, sebelum jadi guru pun teman-teman pasti sudah tahu. Kalau mengharapkan tambahan penghasilan dari pemerintah, lama. Teman-teman keburu tua dan pensiun sebelum diangkat menjadi PNS.

Namun begitu, kita semua tetap berharap pemerintah secepatnya bisa meningkatkan daya beli guru. Baik melalui peningkatan gaji guru, tunjangan profesi guru atau pengangkatan guru honorer menjadi Pegawai Negeri Sipil.

Nah sekarang, sambil menunggu kebijakan pemerintah yang bikin hati para guru senang, kita pikirkan bisnis apa yang cocok untuk guru? Guru juga manusia, punya kebutuhan dan keinginan. Bukan begitu Pak, Bu?

Bisnis Apa Yang Cocok Untuk Guru

Bisnis Yang Cocok Untuk Guru

Jam kerja guru itu dari pagi sampai sekitar jam 1 atau jam 2 siang. Sisanya ada beberapa jam waktu luang. Di luar jam kerja, guru tidak dilarang untuk berbisnis, asal bisnisnya bukan bisnis terlarang.

Baca: Bripka Seladi, Anggota Satlantas Polres Kota Malang Nyambi Jadi Pemulung

Saya ada ide bisnis atau peluang usaha nih untuk Bapak dan Ibu Guru yang mau nyambi jadi pengusaha.

1. Bisnis Online

Bisnis online ini banyak macamnya. Misalnya menjadi penulis artikel untuk media online, jualan barang, kuliner, ebook atau blogging. Bisnis jenis ini bisa dilakukan paruh waktu di luar jam kerja sehingga aktifitas Bapak dan Ibu Guru di sekolah tidak terganggu.

2. Mengajar Les Private Mata Pelajaran

Anda patut bersyukur menjadi seorang guru, karena guru merupakan profesi mulia yang tugasnya mencerdaskan kehidupan bangsa. Di luar jam pelajaran di sekolah, banyak orang tua murid yang menginginkan anaknya mendapat jam pelajaran tambahan.

Anda bisa melihat kebutuhan para orang tua ini sebagai peluang usaha, yaitu membuka les private mata pelajaran. Promosinya bisa melalui media sosial, dari mulut ke mulut atau bergabung di startup ruangguru.com.

3. Membuka Kursus Bahasa Asing

Jika Anda pandai bahasa asing, ada baiknya memanfaatkan ruangan kosong di rumah untuk membuka kursus komputer dan bahasa asing. Buka plang di depan rumah, urusi izin operasionalnya ke dinas pendidikan dan disnaker kabupaten/kota setempat.

Sepulang sekolah, sambil istirahat santai Anda bisa mengajar kurus di rumah.

4. Jasa Pengetikan, Print Out dan Photo Copy

Anda punya komputer dan printer? kalau iya, kenapa tidak dimanfaatkan untuk bisnis sampingan?

Misalnya untuk jasa pengetikan atau print out. Meskipun hampir semua orang sudah punya komputer, namun kadang ada saja yang malas mengetik sendiri. Jadi Anda bisa hadir sebagai solusi bagi mereka, sekaligus mencari penghasilan tambahan untuk keluarga.

Kalau ada uang lebih buat beli mesin foto copy, lumayan bisa dicoba. Setelah mengetik biasanya suka difoto copy. Kebutuhan sekolah dan rekan-rekan guru pun bisa Anda kerjakan.

5. Jasa Maklun Kartu Undangan

Memang tidak setiap hari ada orang nikah, namun keuntungan usaha percetakan kartu undangan cukup besar. Kalau harga dari percetakan Rp. 500,- bisa Anda jual seharga Rp. 1.000,- per lembar. Rata-rata orang bikin kartu undangan itu minimal 500 lembar (1 rim). Dengan DP 50% juga modalnya udah keganti semua.

Usaha percetakan undangan ini tidak perlu ruangan khusus, kita tinggal buka plang di depan rumah. Pekerjaan setting dan cetak kartu undangannya bisa dimaklunkan ke percetakan.

Itulah 5 peluang usaha atau bisnis yang cocok untuk guru, semoga bermanfaat. Selamat mencoba!

About Husni Cahya Gumilar

Husni Cahya Gumilar

Blogger Garut, Jawa Barat. Lembur banjar karang pamidangan pituin ti Banjarwangi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *