Bingung Menentukan Topik yang “Fresh” untuk Menulis Blog? Coba Lakukan 4 Hal Ini

Banyak orang yang saat ini mulai tergiur dan ingin memasuki dunia blogging karena mulai nge-trend, atau bahkan mau menyalurkan kemampuan mereka dalam bentuk tulisan dalam blog pribadi. Maka wajar saja jika pengguna blog dari waktu ke waktu acap kali mengalami peningkatan yang signifikan, namun yang membuat dilema adalah ketika harus memulai.

Terkadang kita dibuat bingung harus memulai dari mana? harus menulis apa? Lalu jika sudah menulis ini harus menulis apa ya besok harinya? Benar bukan? Hal ini adalah hal yang wajar ketika merasa seperti ini.

Lalu apa yang harus dilakukan? Tenang dulu. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar kamu bisa mendapatkan ide yang “fresh” untuk mulai menulis bahkan jika kamu masih awam sekalipun, karena tips ini memang bertujuan untuk membantu siapapun yang sedang stuck untuk menulis ataupun bagi mereka yang baru mau mencoba menulis.

Dengan demikian kamu bisa melahirkan tulisan-tulisan cemerlang di blog kamu. Mau tahu caranya? Yukk simak di bawah ini.

1.     Tentukan Dahulu Target Pembaca

Bingung Menentukan Topik yang "Fresh" untuk Menulis Blog? Coba Lakukan 4 Hal Ini

Sebelum mementukan topik blog, hal utama yang perlu Kamu fikirkan adalah menentukan target pembaca. Misalnya, target pembaca Kamu adalah remaja, maka topik mengenai relationship merupakan topik yang pas jadi pilihan.

Kamu tentu harus paham bagaimana target sasaran yang akan kamu tuju, saat ini akses informasi bisa didapatkan dengan mudah dan pertumbuhan pengguna teknologi melalui smartphone ikut meningkat hal tersebut terbutki dari statistik ini yang memperlihatkan betapa besarnya potensi pembaca yang bisa dijangkau dengan mengetahui trend terbaru yang terjadi dan berbagai informasi penting lainnya untuk diulas.

2.     Gunakan Topik yang Populer dan Dibutuhkan Pembaca dari Waktu ke Waktu

Bingung Menentukan Topik yang "Fresh" untuk Menulis Blog?

Menentukan topik blog juga harus sesuai dengan kebutuhan pembaca. Pastikan topik yang dipilih memang akan selalu dibutuhkan oleh pembaca. Jangan memilih topik yang hanya dibutuhkan dalam kurun waktu tertentu saja.

3.     Pilih Topik yang Sesuai dengan Passion Kamu

Bingung Menentukan Topik yang "Fresh" untuk Menulis Blog?

Selanjutnya, pilihlah topik blog yang memang sesuai dengan passion Kamu. Mengapa? Mengutip salah satu pernyataan dari artikel hipwee.com “Jika sesuai dengan passion Kamu, maka Kamu akan terus dan terus menulis meskipun belum ada hasil yang Kamu harapkan”. Ingatlah bahwa mencapai tujuan sukses itu perlu usaha yang besar. Dengan demikian imbangilah dengan passion Kamu agar usaha tersebut terasa ringan.

4.     Pilih Topik yang Memang Kamu Kuasai

Bingung Menentukan Topik yang "Fresh" untuk Menulis Blog?

Selain topik artikel blog harus sesuai dengan passion Kamu, pastikan pula bahwa topik pilihan Kamu juga Kamu kuasai dengan baik. ingatlah bahwa pembaca ingin mendapatkan jawaban dari tulisan Kamu. Maka pastikan semua jawaban bisa didapatkan oleh pembaca melalui tulisan Kamu.

Penentuan topik blog memang sangat penting bagi tujuan ke depan blog kamu. Dengan demikian pastikan Kamu memilih topik yang memenuhi 4 kriteria di atas. Dengan demikian, dijamin Kamu akan senang untuk terus berbagi tulisan melalui blog Kamu yang selalu memberikan manfaat bagi para pembacanya.

Leave a Reply

*