Home / Bisnis / Beternak Blog, Peluang Bisnis Online Bagi Yang Hobi Menulis

Beternak Blog, Peluang Bisnis Online Bagi Yang Hobi Menulis

Beternak blog, kedengarannya memang agak aneh dan tidak biasa. Memangnya blog bisa beranak pinak seperti ayam kampung atau marmut?

Sebetulnya, kalau Anda searching di Google, cukup banyak artikel yang membahas tema beternak blog. Namun masing-masing beda versi. Hari ini, saya juga akan mencoba mengulas tentang beternak blog menurut versi saya sendiri.

Definisi Beternak Blog

Pengertian beternak

Menurut Artikata.com, beternak (kata kerja) adalah memiara dan mengembangbiakkan binatang seperti kuda, lembu, ayam dan sebagainya. Contoh: usahanya beternak ayam.

Sinonim kata beternak adalah memelihara, memiara, menggembala dan menjaga. (sumber: Sinonimkata.com).

Kegiatan beternak disebut peternakan. Menurut wikipedia, peternakan adalah kegiatan mengembangbiakkan dan membudidayakan hewan ternak untuk mendapatkan manfaat dan hasil dari kegiatan tersebut.

Pengertian blog

Blog merupakan singkatan dari web log, yaitu bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urutan terbalik (isi terbaru dahulu sebelum diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

Media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh Pyra Labs sebelum akhirnya diakuisisi oleh Google pada akhir tahun 2002.

Ngeblog (istilah bahasa Indonesia untuk blogging) harus dilakukan hampir setiap waktu untuk mengetahui eksistensi dari pemilik blog. Juga untuk mengetahui sejauh mana blog dirawat (mengganti template) atau menambah artikel. (wikipedia.org)

beternak blog peluang bisnis online untuk yang hobi menulis

Pengertian beternak blog

Memperhatikan pengertian beternak dan blog dari beberapa sumber di atas, beternak blog adalah memelihara, mengembangbiakan, merawat dan menjaga blog setiap waktu dengan terus menambah jumlah artikel atau memperbaiki desain blog.

Yang dimaksud mengembangbiakan blog adalah membuat blog-blog baru, kemudian dirawat dengan cara mengisi konten secara rutin dan kontinyu. Artinya kita mengelola beberapa blog sekaligus agar mendapatkan manfaat dan hasil maksimal dari kegiatan blogging.

Apa saja manfaat blog?

Blog memiliki banyak sekali manfaat, baik bagi si pemiliknya maupun untuk pembaca (pengguna internet).  Manfaat blog antara lain:

  • Berbagi tulisan, baik ide, cerita, pengalaman atau pengetahuan umum .
  • Sarana promosi produk barang atau jasa.
  • Sebagai alat untuk menghasilkan uang.
  • Menyalurkan hobi menulis dan berkreasi.
  • Eksistensi dan promosi diri sendiri.
  • Mencari teman sesama blogger.
  • Sebagi sarana belajar.
  • Dan lain-lain

Hasil apa yang diharapkan dari blog?

Kalau bicara hasil, pikiran kita langsung ke uang atau materi. Betul?

Okelah, tidak munafik karena kita semua butuh uang. Namun ingat, cara memperoleh uang harus dengan cara yang halal dan legal agar kita selamat dunia dan akhirat. Karena selain kain kafan, tidak ada Rp. 1 pun uang yang akan dibawa mati.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِذَا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثَةٍ مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ وَعِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ وَوَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara (yaitu): sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh” (HR. Muslim no. 1631)

Selain uang, hasil yang diharapkan misalnya popularitas penulis (admin atau pemilik blog), banyak sahabat di dunia maya, ilmu pengetahuan baru dan sebagainya.

Apabila hasil yang diharapkan sudah tercapai, jangan lupa bersyukur dan tidak boleh sombong.

Inti

Dari pemaparan di atas, beternak blog dapat diartikan mengurus banyak blog sekaligus. Beternak blog ini bisa menjadi peluang bisnis online untuk orang-orang yang hobi menulis seperti Anda.

Orang yang hobi menulis akan mendapat beberapa keuntungan apabila menyalurkannya lewat blog. Misalnya dapat menyalurkan hobi menulis sekaligus mengasah kemampuannya dalam menulis dan memperoleh penghasilan tambahan. Bahkan jika sudah berhasil, beternak blog bisa menjadi sumber pendapatan utama Anda.

Baca: Cara Menghasilkan Uang Dari Blog Gratisan

Tips sukses beternak blog

Tips agar peternakan blog Anda tumbuh menjadi peternakan besar, langkah yang bisa Anda lakukan adalah membuat 1 blog dulu sampai cukup mapan untuk menjadi blog Andalan. Setelah blog pertama berjalan dan sudaih mulai bisa menghasilkan uang, buat lagi blog ke-2, rawat sampai mapan dan begitu seterusnya.

Agar tidak menyulitkan Anda dalam membuat konten, buatlah topik pembahasan yang berbeda di antara masing-masing blog. Misalnya blog ke-1 membahas pendidikan, blog ke-2 membahas kesehatan, blog ke-3 membahas otomotif dan sebagainya.

Demikianlah peluang usaha beternak blog untuk sobat pembaca yang hobi menulis. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

About Husni Cahya Gumilar

Husni Cahya Gumilar

Blogger Garut, Jawa Barat. Lembur banjar karang pamidangan pituin ti Banjarwangi.

2 comments

  1. Cepi Ali Anwari

    Sepertinya saya tertarik dengan ide beternak blog. Kebetulan saat ini baru memiliki 2 blog dan rencananya ingin ditambah 8 blog lagi, mengikuti konsep diatas yakni setiap blog berbeda topik. Terimakasih telah menginspirasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *