Home / BPJS / Bagaimana Jika Telat Bayar BPJS, Apakah Kena Denda?

Bagaimana Jika Telat Bayar BPJS, Apakah Kena Denda?

Bagaimana Jika Telat Bayar BPJS, Apakah Kena Denda? Pembayaran iuran BPJS bisa dilakukan melalui Internet Banking Mandiri, ATM Mandiri, BNI, BRI, setoran tunai di bank yang ditunjuk atau bisa juga membayar iuran BPJS di Indomaret terdekat.

Membuat kartu BPJS memang tidak perlu menunggu sakit, karena ketika kartu BPJS dibuat dibutuhkan waktu 2 minggu untuk bisa dipergunakan. Jadi lebih baik sedia payung sebelum hujan. Baca : Kelebihan dan Kelemahan Ikut Program BPJS Kesehatan

telat bayar bpjs kesehatan

Iuran BPJS sangat terjangkau, terdapat 3 golongan kelas perawatan yang bisa Anda pilih. Yaitu:

  1. Golongan perawatan kelas 1 Rp. 59.500 per bulan
  2. Golongan perawatan kelas 1 Rp. 42.500 per bulan
  3. Golongan perawatan kelas 1 Rp. 25.500 per bulan

Iuran BPJS kesehatan setiap bulannya harus dibayar sebelum tanggal 10, besar iuran BPJS Kesehatan per bulannya memang tidak mencapai Rp. 100.000. Namun namanya juga hidup kadang di atas kadang di bawah, kadang punya uang kadang tidak punya.

Nah, bagaimana jika telat bayar BPJS, apakah kena denda?

Bagi peserta BPJS Kesehatan yang terlambat membayar atau melewati tanggal 10 setiap bulannya, akan dikenakan denda sebesar 2% dan jika telat bayar BPJS selama 3 bulan maka layanan BPJS akan dihentikan sementara.

Baca juga: Solusi Jika Kartu BPJS Hilang atau Rusak

Jika ingin membuka layanan BPJS yang dihentikan sementara, Anda bisa datang langsung ke kantor BPJS terdekat untuk mengurus pembayaran berikut dendanya.

Itulah informasi mengenai BPJS yang terlambat dibayar, semoga Anda diberi limpahan rizki agar tidak sampai telat bayar BPJS Kesehatan. Salam!

About Husni Cahya Gumilar

Husni Cahya Gumilar

Blogger Garut, Jawa Barat. Lembur banjar karang pamidangan pituin ti Banjarwangi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *