Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Home / Pramuka / Apa Perbedaan Baret Miring ke Kanan dan Miring ke Kiri?

Apa Perbedaan Baret Miring ke Kanan dan Miring ke Kiri?

Apa Perbedaan Baret Miring ke Kanan dan Miring ke Kiri? Mungkin Anda pernah bertanya-tanya atau sama sekali tidak menyadari posisi kemiringan baret yang dikenakan oleh Gerakan Pramuka, Pasukan TNI, Brimob Polri, PM atau pasukan lainnya di Indonesia.

Ada baret yang miring ke kanan, namun ada pula baret yang miring ke kiri.

perbedaan topi baret miring ke kanan dan miring ke kiri

Berikut ini penjelasan yang saya kutip dari akun facebook Michael Yf Mamoto

:

Topi baret hanya dikenakan oleh tentara yang memiliki fungsi tempur. Di negara kita, setiap ”angkatan” memiliki pasukan tempurnya, dan warna baretnya masing-masing. Ada Baret Merah milik KOPASSUS, Baret ORANYE Milik PASKHAS AU, MARINIR berwarna Jingga, Baret Hijau milik INFANTERI, Baret Cokelat milik ARTILERI, Baret Hitam milik KAVELERI, dan sebagainya. Namun ada wacana ke depan bahwa warna Baret di TNI akan diseragamkan menjadi satu warna.

Beberapa baret itu dikenakan ”miring” ke kanan, artinya posisi ”emblem” ada di kiri pemakai, dan miring ke kanan.

Tapi coba lihat baret milik POLISI MILITER yang biru muda itu, atau baret biru tua milik BRIMOB, atau milik korps RESERSE, miringya bukan ke kanan tapi ke kiri.

Baret yang ”miring” ke kiri adalah baret yang dikenakan oleh pasukan yang memiliki tugas kemanan dan pengamanan serta penegakkan hukum. Sedangkan yang miring kekana artinya pasukan itu adalah pasukan siap tempur.

Ada juga nih Pramuka ternyata Pramuka yang baretnya miring ke kanan yang artinya pasukan ini adalah pasukan siap tempur.

Menurut sejarah ini dikarenakan pramuka pada saat itu menjadi pasukan cadangan dalam pertempuran.

Nah dari penjelasan di atas, jelas bahwa yang membedakan posisi topi baret miring ke kanan dan miring ke kiri adalah tugas yang diemban oleh satuan/pasukan yang memakainya.

Selain digunakan oleh pasukan TNI, Polri dan Anggota Gerakan Pramuka, topi baret juga sering digunakan oleh orang-orang biasa (sipil) untuk menambah gaya penampilan.

Demikianlah informasi mengenai perbedaan posisi pemakaian topi baret ini, semoga bermanfaat.

About Husni Cahya Gumilar

Tetangga mengenal saya sebagai Guru Honorer, Blogger, Traveler & Web Developer. Dulu saya manis semanis dodol Garut, tapi sekarang imut seimut domba Garut. Ya, orang Garut memang manis dan imut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*