Home / Pendidikan / Akan ke Mana Purna Raimuna Jabar 2017?

Akan ke Mana Purna Raimuna Jabar 2017?

Raimuna Jabar 2017 telah selesai pada 14 November 2017 lalu. Semua peserta telah pulang ke kecamatan masing-masing dan kembali menjalani rutinitas sebagai pelajar atau mahasiswa. Banyak dari mereka, khususnya Kontingen Ranting Banjarwangi Garut, yang belum bisa move on dari suasana Kiara Payung Camp. Terbukti dengan adanya status mereka di media sosial yang masih berbau Raimuna Jabar 2017.

Yang mereka alami bisa saya pahami. Bagaimana tidak, mereka menghabiskan energi dan waktu cukup lama untuk persiapan menuju Kiara Payung. Di Buper, banyak sekali hal baru yang mereka temukan. Model perkemahan megah sekelas Raimuna Daerah memang belum pernah mereka ikuti sebelumnya. Pun oleh saya.

Purna Raimuna Jawa Barat 2017

Tentu banyak ilmu dan pengalaman baru yang mereka peroleh selama Raimuna Jawa Barat 2017. Pengalaman yang tak murah; biaya, waktu, kesempatan belajar dan energi benar-benar dikuras demi ikut Raimuna Jawa Barat XIII 2017.

Jauh-jauh peserta berangkat ke Kiara Payung sama sekali bukan untuk mencari gebetan atau ‘ngadon’ pacaran. Saya kira khianat apabila mereka punya agenda lain selain mengikuti jadwal kegiatan Raida Jabar 2017. Khianat pada dirinya sendiri, khianat pada orang tua, khianat pada pembina, khianat pada sekolah dan khianat pada Banjarwangi.

Rugi besar, apabila mahalnya pengorbanan menuju buper hanya sekadar berbuah baper. Mestinya Raimuna Jawa Barat menjadi proses metamorfosis yang mengubah ulat menjadi kupu-kupu. Dari ulat yang ‘menjijikan’, berubah total menjadi kupu-kupu yang cantik dan lucu. Tidak tampak lagi bentuk dan karakter ulat pada kupu-kupu.

Akan ke mana purna Raimuna Jabar 2017?

Purna Raida Jabar 2017 adalah potensi. Wahai kalian! Tidak pernah boleh tanya akan di bawa ke mana atau akan jadi apa purna Raida. Berhenti menunggu ruang dan posisi. Melangkahlah penuh percaya diri lalu berbuatlah. Amalkan ilmu dan pengalaman yang kalian miliki, di mana pun kalian berada. Miliki sifat terpuji, bukan sifat ingin dipuji. Tebarlah manfaat, bukan tebar pesona.

Pertanyaan yang benar sesungguhnya bukan akan ke mana purna Raida, tapi akan berbuat apa purna Raida?

About Husni Cahya Gumilar

Husni Cahya Gumilar

Blogger Garut, Jawa Barat. Lembur banjar karang pamidangan pituin ti Banjarwangi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *