Home / Tips & Trik / 7 Tips Memilih Iklan Lowongan Kerja yang Efektif

7 Tips Memilih Iklan Lowongan Kerja yang Efektif

7 Tips memilih iklan lowongan kerja yang efektif – Di tengah situasi ekonomi yang sekarang semakin sulit dan persaingan angkatan kerja yang ketat mengakibatkan jumlah lowongan pekerjaan cukup terbatas. Lowongan pekerjaan terbatas bukan berarti sedikit, tapi jumlahnya tidak seimbang antara pelamar kerja dan tenaga kerja yang dibutuhkan, sehingga tidak sedikit pengangguran terpelajar.

Kabar baiknya adalah iklan lowongan kerja sekarang lebih mudah diakses oleh siapa saja dan di mana saja. Berbeda dengan tahun-tahun ke belakang yang hanya bisa dilihat di surat kabar, di era teknologi seperti sekarang ini, iklan lowongan kerja bisa kita cari di internet.

Namun kita harus cermat dalam memilih iklan lowogan kerja, sebaiknya kita perhatikan dulu iklan lowongan kerja dengan seksama, karena mengirimkan surat lamaran sebanyak-banyaknya ke perusahaan pemasang iklan lowongan kerja akan berdampak pada biaya tinggi.

Tips memilih iklan lowongan kerja

7 Tips Memilih Iklan Lowongan Kerja yang Efektif

Sebelum mengirimkan lamaran ke perusahaan, ada baiknya Anda menyimak tips berikut ini:

#1. Syarat lamaran harus jelas dan terukur

Perhatikan baik-baik kualifikasi apa yang dibutuhkan oleh perusahaan, misalnya pendidikan terakhir, umur, keahlian, jenis kelamin dan sebagainya. Jika ada salah satu syarat yang tidak terpenuhi, sebaiknya Anda urungkan niat untuk mengirim surat lamaran dan mencari iklan lowongan kerja lain yang sesuai dengan kualifikasi Anda.

#2. Memberikan kejelasan bisnis perusahaan

Sebelum melamar kerja, Anda harus tahu dulu perusahaan itu bergerak di bidang apa. Apakah Anda merasa cocok dengan jenis pekerjaannya atau tidak, jika kelak lamaran Anda diterima tapi tidak cocok atau dipaksakan mungkin Anda akan merasa tersiksa dan tidak bertahan lama bekerja di sana.

#3. Menerangkan informasi perilaku kerja

Iklan lowongan kerja yang baik akan menerangkan perilaku kerja bagi pemalar mengenai tanggung jawabnya jika dia diterima, misalnya menjelaskan siap bekerja di bawah tekanan, bersedia ditugaskan ke luar kota, mampu bekerja sama dalam tim dan sebagainya.

#4. Mencantumkan manfaat yang ditawarkan

Prioritaskan memilih iklan lowongan kerja yang mencantunkan manfaat yang ditawarkan, misalnya fasilitas dan gaji yang akan diberikan. Perusahaan yang mencantumkan kisaran gaji dan fasilitas menandakan sudah siap menerima karyawan sebagai aset. Namun ini juga mengisyaratkan bahwa jika Anda diterima, maka harus siap bekerja keras sesuai kompensasi yang akan diterima.

#5. Pastikan alamat perusahaan jelas

Pastikan alamat perusahaan jelas agar Anda tidak kebingungan mengirimkan surat lamaran. Jika iklan di situs internet atau mencantumkan alamat email, cermati kebenarannya atau cari langsung di situs resminya.

#6. Batas waktu pengiriman surat lamaran jelas

Lihat kapan batas waktu pengiriman lamaran, kalau menurut perkiraan Anda surat lamaran tidak akan sampai ke perusahaan dalam batas waktu yang telah mereka tentukan sebaiknya tidak perlu buang-buang waktu dan biaya untuk membuat lamaran.

#7. Media tempat pemasangan iklan

Jika iklan lowongan kerja di pasang di media terkenal, baik di surat kabar, televisi maupun website besar, maka dipastikan perusahaan tersebut bonafid dan Anda harus siap-siap menghadapi ketatnya persaingan. Karena iklan lowongan kerja yang dipasang di media terkenal akan banyak pelamar.

Baca juga : Program Afiliasi, Bisnis Online yang Menguntungkan dan Tanpa Resiko

Itulah 7 tips memilih iklan lowongan kerja yang efektif, semoga berguna. Terima kasih.

About Husni Cahya Gumilar

Husni Cahya Gumilar

Blogger Garut, Jawa Barat. Lembur banjar karang pamidangan pituin ti Banjarwangi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *