VPS Murah
Klik di sini!Buat website murah, cepat, support GRATIS selamanya.

7 Hal Ini Wajib Diketahui Oleh Anda yang Mau Terjun ke Bisnis Online

Bisnis online atau bisnis daring (dalam jaringan) sedang ngetren di kalangan pengusaha maupun rakyat biasa. Siapapun yang mau, saya ulangi; yang mau, bisa menjual barang atau jasa melalui jaringan internet.

Di sini saya tidak akan menceritakan untung rugi bisnis daring, mungkin lain waktu dalam tulisan yang berbeda. Namun satu hal yang perlu Anda tahu, (jika tahu caranya) bisnis online bisa menjangkau customer di berbagai belahan dunia tanpa harus saling bertatap muka.

Ciri khas bisnis online memang bisa melakukan transaksi dengan nominal tak terbatas tanpa saling kenal dan tidak saling tatap muka. Modalnya saling percaya. Membangun kepercayaan sangat penting, ini akan saya ulas nanti di bawah.

tips-sukses-bisnis-online-untuk-pemulsa

Tanpa panjang basa-basi, yuk langsung saja simak 7 hal yang wajib diketahui sebelum Anda memutuskan untuk terjun ke bisnis online.

1. Berdo’a dan Luruskan Niat

Niat bisnis online harus benar, yaitu menjalankan perintah Allah untuk menafkahi keluarga atau menjemput rezeki yang halal. Jangan menjual barang atau jasa yang dilarang agama dan negara serta jangan sampai aktifitas bisnis online kita menimbulkan kerugian bagi orang lain. Berdo’alah pada Allah SWT agar kita dapat menjalankan bisnis online dengan baik dan sabar sehingga kelak bisa sukses.

2. Perencanaan dan Persiapan

Tahap perencanaan dan persiapan berguna untuk mengukur sejauh mana kesiapan Anda menjalankan bisnis online. Pada tahap perencanaan setidaknya Anda harus memutuskan mau jualan apa dan siapa target pembelinya. Sedangkan pada tahap persiapan, minimalnya Anda harus melakukan pengujian terhadap kualitas barang atau jasa yang akan dijual online, kemasan produknya seperti apa, sistem pengirimannya dan pembayarannya bagaimana, memilih nama domain dan website bisnis yang bagus dan persiapan lainnya, bila memungkinkan sampai mengurus badan hukum.

3. Action

Setelah perencanaan dan persiapan Anda rasa sudah matang, segera action dengan membuat media untuk menawarkan barang dan jasa secara online. Buat website portofolio atau toko online profesional. Jika tak bisa melakukan sendiri, gunakan jasa pembuatan website murah dan bagus di JASAKUDEVELOPER.COM atau JASAKUWEBSITE.CO.ID.

4. Promosi

Lakukan upaya maksimal agar barang atau jasa Anda ditemukan calon pembeli. Ada banyak opsi agar bisnis Anda ditemukan orang; yang prosesnya cepat bisa pasang iklan di Facebook atau AdWords. Sedangkan yang pelan tapi ampuh gunakan teknik SEO website dengan benar.

Lakukan promosi dengan baik, santun dan beretika. Jangan nyepam di lapak orang

5. Personal Branding

Bagi Anda yang bukan korporasi besar, lakukan personal branding melalui berbagai media agar calon pembeli yakin dengan diri Anda. Misalnya berikan nomor telepon/hp, email, bbm dan link facebook pribadi, tunjukan siapa Anda sebenarnya, buat nama akun sosial dengan identitas asli. Kepercayaan adalah faktor paling penting dalam bisnis online, tanpa kepercayaan dari konsumen, tak akan ada 1 barang/jasa pun yang bisa Anda jual.

Nomor HP, BBM dan Facebook usahakan on terus

6. Melayani Dengan Seperti Apa Anda Ingin Dilayani

Anda butuh uang dari klien? Jangan egois, ingat! Klien Anda butuh pelayanan, kualitas dan kepuasan. Berikan apa yang diinginkan klien agar Anda mendapat apa yang Anda inginkan. Layani konsumen seperti pelayanan yang Anda inginkan ketika Anda menjadi konsumen. Hindari tindakan yang Anda sendiri tidak suka dengan perlakuan itu dari orang lain.

7. Kemitraan

Buka peluang kerjasama dengan orang lain. Misalnya melayani downline, komisi atau program affiliasi. Paling tidak, jalin kemitraan dengan konsumen.

Konsumen adalah mitra pertama dan terbaik Anda, jalin hubungan baik dengan konsumen-konsumen Anda untuk “mengaktifkan faktor kali”. 1 konsumen puas, maka dapat mendatangkan 10 konsumen baru dari konsumen pertama tadi dan begitu seterusnya, lama kelamaan bisnis Anda akan menggurita.

Itulah 7 hal penting yang harus Anda ketahui sebelum menekuni bisnis online. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *