Home / Smartphone / 6 Cara Membedakan iPhone Asli dan Palsu

6 Cara Membedakan iPhone Asli dan Palsu

6 Cara Membedakan iPhone Asli dan Palsu – Teknologi terus berkembang, iPhone dengan berbagai merek yang dilengkapi dengan teknologi canggih terus membanjiri pasaran. Hal ini tentunya membawa dampak positif dan negatif, tergantung bagaimana kita menggunakan teknologi tersebut menjadi lebih bermanfaat.

Dampak positif dari hadirnya smartphone berteknologi tinggi salah satunya adalah kemudahan mengakses internet, terlebih belakangan ini sinyal 3G tidak hanya dinikmati oleh masyarakat perkotaan, namun sudah bisa diakses sampai ke pelosok-pelosok pedesaan.

Baca : Cara Mudah Memperkuat Sinyal 3G Android yang Lemah

Dengan hadirnya smartphone canggih, kita bisa mencari informasi kapan saja, dari mana saja, bisa bertransaksi online dengan pelanggan dari seluruh penjuru dunia, mengirim data virtual, dan lain-lain.

Namun maraknya iPhone di pasaran, dimanfaatkan oleh para oknum yang tidak bertanggung jawab untuk menghadirkan iPhone palsu dengan harga yang jauh lebih murah, misalnya iPhone Replika.

iPhone Replika yaitu produk canggih yang mirip iPhone asli. iPhone ini dikembangkan oleh oknum di luar Apple. Mungkin beberapa pengguna beranggapan iPhone asli dan iPhone Replika sama, padahal sparepartnya sangat berbeda.

Apa saja perbedaan iPhone asli dan iPhone Replika? Langsung saja simak tips cara membedakan iPhone asli dan iPhone paslu berikut ini.

cara membedakan iphone asli dan palsu

Cara membedakan iPhone Asli dan iPhone Palsu

#1. Harga

Membedakan iPhone asli dan iPhone palsu bisa dilihat dari faktor harga, perbedaan harga iPhone asli dan paslu terpaut sangat jauh, hampir 80%. Jadi jika Anda ditawari iPhone dengan harga sangat murah, hati-hati! itu pasti iPhone palsu.

#2. Bahan Material Body

Untuk membedakan iPhone asli dan palsu bisa juga dilihat dari bahan materialnya. Hal ini dapat dirasakan ketika kita menyentuhnya, bahan material iPhone palsu terasa lebih kasar dibanding iPhone asli. Bahan material iPhone original dibuat dari bahan premium, layarnya lebih jernih dan jelas karena menggunakan teknologi retina.

#3. Cek Spesifikasi

Jangan terburu-buru membeli iPhone, lakukan pengecekan terlebih dahulu sebelum membeli dan akhirnya menyesal karena membeli iPhone palsu. Cek spesifikasi iPhone yang akan Anda beli, misalnya pada kamera, RAM, bentang layar, processor dan sebagainya.

#4. IMEI dan Serial Number

Kalau dalam kendaraan bermotor, IMEI dan Serial Number ibarat nomor rangka dan nomor mesin. IMEI yang tertera di iPhone harus sama dengan IMEI yang tertera di dusbox, kalau IMEI nya tidak cocok dengan dusbox, maka iphone itu mungking palsu.

Cara mencocokkan IMEI adalah masuk ke menu Setting > General > About. Sedangkan untuk mengecek serial number, Anda bisa membuka situs https://selfsolve.apple.com/agreementWarrantyDynamic.do.

#5. iTunes dan AppStore

Cara membedakan iPhone asli dan iPhone paslu bisa dilihat juga dari iTunes dan AppStore. iTunes perangkat iPhone asli pastinya dapat mengenali iPhone Anda dan jika Anda berhasil login ke AppStore dengan Apple ID Anda maka iPhone tersebut ORI. Jika Anda masuk ke AppStore namun malah masuk ke Google Play, berarti iPhone itu aspal alias asli tapi palsu.

#6. Icon dan Screenshot

Cara membedakan iPhone asli dengan iPhone replika bisa dilihat dari icon dan screenshot. iPhone ORI sudah pasti menampilkan icon dan screenshot yang jelas, sedangkan iPhone palsu tampilan icon dan screenshotnya cenderung buram. Cara mengambil gambar screenshot pada iPhone asli yaitu dengan menekan tombol home dan lock.

Itulah 6 cara membedakan iPhone asli dengan iPhone palsu yang bisa saya share, semoga bermanfaat.

About Husni Cahya Gumilar

Husni Cahya Gumilar

Blogger Garut, Jawa Barat. Lembur banjar karang pamidangan pituin ti Banjarwangi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *