Home / Ilmu Sipil / 5 Jenis Kayu yang Baik Untuk Bahan Furniture

5 Jenis Kayu yang Baik Untuk Bahan Furniture

Jenis kayu yang baik untuk bahan furniture – Pada dasarnya semua jenis kayu bisa digunakan untuk membuat furniture. Asal jenis kayu tersebut memiliki tingkat kekerasan yang baik, sebab kayu dengan tingkat kekerasan yang baik akan mudah diolah.

Bahkan kayu sekelas albasiah pun bisa digunakan untuk bahan furniture dan perabotan rumah tangga lainnya, asal kayu tersebut sudah tua. Biasanya umur kayu sudah lebih dari 5 tahun. Intinya, kayu apapun bisa digunakan untuk membuat furniture asal memiliki tingkat kekerasan yang cukup baik.

Jenis kayu yang baik untuk bahan furniture

Jenis kayu keras yang baik untuk bahan furniture

Kalau bicara jenis kayu terbaik untuk bahan furniture, sedikitnya ada 5 jenis kayu keras yang biasa dipakai oleh masyarakat sebagai bahan baku pembuatan furniture seperti kursi, lemari, meja, pintu, dan lain-lain.

Jenis kayu tersebut sering digunakan untuk bahan furniture karena dinilai memiliki kualitas tinggi, awet serta mudah diproses. Keenam jenis kayu yang bagus untuk bahan furniture antara lain:

1. Kayu Jati

Kayu jati merupakan jenis kayu paling banyak diminati, bahkan kayu ini selalu menjadi primadona dalam dunia furniture. Peminat furniture kayu jati tidak hanya dari Indonesia, namun sangat diminati oleh masyarakat Internasional.

Kayu jati dikenal sangat kuat dan tahan lama. Furniture berbahan dari kayu jati juga terkesan mewah dan elegan. Penyebabnya adalah karena kayu jati memiliki serat dan tekstur kayu yang sarat nilai dekoratif.

2. Kayu mahoni

Kayu mahoni sering digunakan untuk bahan furniture karena jenis kayu ini tergolong cukup memiliki kualitas yang baik untuk bahan furniture, harganya pun lebih murah dari kayu jati.

Dengan menggunakan kayu mahoni sebagai bahan membuat furniture, pengrajin dapat menghemat biaya produksi namun tetap menjaga kualitas furniture.

3. Kayu sonokeling

Kayu sonokeling banyak digunakan untuk membuat furnitre karena kayu ini memiliki keunikan tersendiri, yaitu memiliki warna gelap yang alami. Selain itu, kayu sonokeling juga memiliki serat dan tekstur kayu yang indah atau dekoratif seperti halnya kayu jati. Sehingga furniture yang dibuat dengan bahan kayu sonokeling dikenal awet, elegan dan banyak diminati.

4. Kayu akasia

Kayu akasia sering digunakan untuk membuat furniture karena secara kasat mata, kayu akasia memiliki warna dan serat yang hampir mirip dengan kayu jati. Selain itu, furniture yang dibuat menggunakan kayu akasia juga dikenal cukup kuat dan awet.

5. Kayu trembesi

Permintaan furniture yang dibuat dari bahan kayu trembesi saat cukup tinggi. Kayu trembesi banyak digunakan untuk membuat furniture karena stoknya di alam masih banyak dan ukuran kayu ini umumnya besar-besar.

Itulah lima jenis kayu yang baik dan sering digunakan untuk bahan furniture dan perabotan rumah tangga.

Simak juga : Inilah Jenis-Jenis Kayu yang Cepat Laku di Pasaran Semoga informasi ini bermanfaat. Terima kasih.

About Husni Cahya Gumilar

Husni Cahya Gumilar

Blogger Garut, Jawa Barat. Lembur banjar karang pamidangan pituin ti Banjarwangi.

3 comments

  1. Harga Parket Lantai

    Artikel bangus dan sangat membantu saya dalam menambah wawasan mengenai jenis kayu yang kuat, salam kenal gan/sis admin.

  2. Artikelnya bagus bisa menambah wawasan untuk mengetahui jenis kayu untuk produk furniture .

    kami dari Permana Mebel bisa membantu anda untuk memilih produk furniture yang anda inginkan, bisa juga pesan sesuai keinginan (custom order)

    kunjungi website kami : permanamebeljepara.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *