Home / Komputer / 5 Cara Memperbaiki CPU Rusak Atau Mati Total

5 Cara Memperbaiki CPU Rusak Atau Mati Total

5 Cara memperbaiki CPU rusak atau mati total – Memperbaiki CPU personal komputer sebenarnya bukan hal yang sulit, kita bisa memperbiki CPU yang tidak mau menyala asal tahu komponen CPU yang rusaknya apa. Untuk komponen CPU off board atau yang tidak dipasang secara menyatu (on board) dalam motherboard cara menggantinya sangat mudah, tinggal cabut dari soketnya kemudian pasang komponen yang masih berfungsi (grass atau second).

Langkah-langkah memperbaiki CPU rusak atau mati total

5 Cara Memperbaiki CPU Rusak Atau Mati Total

Langkah mempebaiki kerusakan CPU yang tidak mau menyala adalah sebagai berikut:

#1. Periksa lampu led CPU

Pada tahap ini, coba periksa apakah lampu led CPU menyala atau tidak? Jika masih menyala berarti aliran listrik masuk ke mainboard, sedangkan jika led CPU mati maka kemungkinan aliran listrik tidak masuk ke mainboard.

#2. Buka casing CPU 

Silakan buka casing (cangkang) CPU agar mudah memperbaiki CPU karena kita akan melakukan pengujian komponen CPU satu persatu.

#3. Periksa Power Supply

Coba periksa apakah power supply nya berfungsi atau tidak. Menguji power supply tanpa alat bisa dilihat apakah kipas power supplynya berputar atau tidak, apakah kipas motherboard berputar atau tidak, apakah lampu led CPU menyala atau tidak.

Cara lain bisa mencobanya dengan power supply yang berfungsi, kemudian pasang di CPU yang mati total tadi. Kalau CPU menyala, berarti kerusakannya pada power supply. Cara memperbaikinya tinggal ganti dengan power supply yang baru.

#4. Periksa Processor

Memperbaiki CPU matot juga bisa dicek dari processornya, karena kalau processornya mati maka CPU juga tidak akan menyala. Untuk menguji apakah processor nya berfungsi atau tidak, coba cabut processor kemudian apakah ada suara atau tidak, atau bisa juga dicoba dengan processor sejenis yang masih bagus.

#5. Periksa memory

Komputer mati total juga bisa disebabkan oleh kerusakan memory (RAM) pada CPU. Cara memperbaikinya coba pasang RAM di CPU yang matot ke motherboard di CPU yang bagus atau sebaliknya, pasang RAM yang bagus di CPU yang mati total.

Itulah 5 cara memperbaiki CPU yang rusak atau mati total, semoga bermanfaat. Selamat mencoba!

About Husni Cahya Gumilar

Husni Cahya Gumilar

Blogger Garut, Jawa Barat. Lembur banjar karang pamidangan pituin ti Banjarwangi.

2 comments

  1. Ade Kurniawan

    terimakasih atas informasinya…. artkelnya sangat bagus dan sangat membantu….
    ST3Telkom

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *