5 Alasan Pelaku UMKM Harus Belajar Digital Marketing

“Siap-siap berjuang jika memang ingin terjun ke sana (bisnis online). Ibarat buka lahan hutan, butuh kerja keras tentunya. Tapi kalau sudah berhasil, jangan ditanya lagi.”

Kutipan di atas adalah salah satu komentar pembaca dalam artikel saya yang berjudul Menilik peluang dan tantangan bisnis online di perdesaan.

Ada beberapa poin menarik pada komentar tersebut, yaitu bisnis online, lahan hutan, berjuang dan kerja keras.

Apa hubungannya?

Di era ekonomi digital, para pelaku usaha menggunakan internet sebagai lahan pemasaran. Tak terkecuali pelaku UMKM. Melalui internet, pelaku UMKM dapat menjangkau konsumen lebih luas tanpa dibatasi oleh tempat dan waktu.

Data eMarketer menunjukkan bahwa transaksi e-commerce di Indonesia semakin meningkat. Pada tahun 2016 nilai transaksi perdagangan digital di Indonesia mencapai Rp. 69,8 triliun dan pada 2017 diprediksi akan mencapai lebih dari Rp. 100 triliun.

Belajar digital marketing dumet school 2

Sumber: Databoks.co.id

Peningkatan transaksi e-commerce di Indonesia merupakan dampak dari kemajuan teknologi informasi dan komunikasi. Internet, smartphone dan komputer bisa diperoleh dengan harga terjangkau sehingga jumlah penggunanya pun terus bertambah.

Tak heran jika pelaku usaha berbondong-bondong menggunakan internet sebagai lahan bisnis. Namun, bisnis di internet ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Bagi yang belum mengenal medan, internet ibarat hutan belantara.

Oleh karena itu, pelaku UMKM yang ingin berhasil bisnis lewat internet, harus berjuang  keras dan menguasai strategi pemasaran online. Dalam istilah lain, pemasaran online disebut juga digital marketing.

Dari Wikipedia kita tahu bahwa, digital marketing adalah suatu usaha untuk mempromosikan sebuah merek dengan menggunakan media digital yang dapat menjangkau konsumen secara tepat waktu, pribadi dan relevan. Yang termasuk ke dalam media digital antara lain website, facebook, instagram, twitter dan youtube.

Di era ekonomi digital, pelaku UMKM mau tidak mau harus belajar digital marketing pada ahlinya.

Kenapa pelaku UMKM harus belajar digital marketing?

1. Meningkatkan ranking website di mesin pencari

Belajar digital marketing dumet school 3

Sumber: dumetschool.com

Website merupakan salah satu tool pemasaran online. Konsumen mulai mengenal produk kita salah satunya lewat website. Di internet sendiri ada jutaan website, sehingga konsumen tidak mudah begitu saja menemukan website kita.

Sementara mayoritas konsumen hanya membuka website yang muncul di halaman pertama mesin pencari.

Dengan belajar digital marketing, kita akan mengetahui trik-trik jitu untuk meningkatkan ranking website dan mendatangkan banyak pengunjung dari mesin pencari.

2. Menggunakan media sosial untuk branding

Belajar digital marketing dumet school 4

Sumber: dumetschool.com

Jumlah pengguna media sosial di Indonesia sangat besar. Ini sangat potensial untuk mempromosikan bisnis kita. Tapi apakah pengguna media sosial peduli dengan iklan yang kita bagikan?

Belum tentu. Karena mayoritas orang menggunakan media sosial untuk hiburan, bukan untuk mencari produk.

Belajar digital marketing pada ahlinya akan membantu kita bagaimana menggunakan media sosial untuk branding.

3. Mendapatkan konsumen di internet

 

Belajar digital marketing dumet school 5

Sumber: Databoks.co.id

Statistik yang dilansir Databoks.co.id menunjukkan bahwa pada tahun 2016 penduduk Indonesia yang berbelanja di internet mencapai 8,6 juta orang. Sangat potensial.

Tapi, berhasil mendatangkan pengunjung ke website dan menarik perhatian pengguna media sosial saja belum cukup. Tanpa mengetahui ilmunya, mereka belum tentu belanja di website kita.

Nah, dengan belajar digital marketing yang benar kita dapat mengubah trafik website dan iklan di media sosial menjadi transaksi online.

4. Meningkatkan profit bisnis

Belajar digital marketing dumet school 6

Sumber: de.fotolia.com

Jika tools digital marketing dan teknik pemasaran sudah dikuasai, maka otomatis peluang kita mendatangkan keuntungan akan semakin besar.

Jualan laris manis, untung berlimpah, keluarga senang, ibadah tenang, hari libur pun bisa jalan-jalan. Mau?

5. Menyerap tenaga kerja

Belajar digital marketing dumet school 1

Sumber: dumetschool.com

Seiring banyaknya permintaan konsumen lewat internet, kita akan membutuhkan tenaga kerja untuk produksi barang atau melayani pelanggan. Semakin pesat pertumbuhan bisnis kita, maka kita dapat menyediakan lapangan kerja.

Tips memilih tempat belajar digital marketing bersertifikat

Kalau Anda sudah menyadari betapa pentingnya belajar marketing untuk meningkatkan bisnis UMKM di Internet. Langkah selanjutnya adalah mulai belajar, sekarang.

Anda bisa belajar otodidak dari internet, namun kelemahannya butuh waktu cukup lama dan tidak akan memiliki sertifikat resmi.

Nah, jika ingin belajar digital marketing yang benar langsung pada ahlinya dan ingin mendapatkan restifikat resmi, saya sarankan Anda mengikuti kursus digital marketing di lembaga kursus terpercaya seperti Dumet School yang berlokasi di Kelapa Gading, Grogol, Tebet, Srengseng dan Depok.

Kenapa saya menyarankan Dumet School?

Dumet School memberikan sedikitnya 5 keuntungan bagi Anda, yaitu:

  1. Akses belajar di Dumet School sampai bisa dan memiliki hasil karya
  2. Akses ke iLab (sistem pembelajaran yang bisa diakses kapanpun dan di manapun)
  3. Bisa mengulang kelas sepuasnya
  4. Disupport seumur hidup dan gratis konsultasi sepuasnya
  5. Sertifikat Digital Marketing dengan nomor izin diknas

Silakan simak pengakuan dari salah satu alumni kursus digital marketing Dumet School pada video berikut ini.

Kesimpulan

Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi semakin meningkat. Salah satu akibat yang kita saksikan saat ini adalah aktifitas perdagangan bergeser dari konvensional ke digital (e-commerce).

Internet membuka peluang bagi pelaku UMKM untuk menjangkau konsumen seluas-luasnya dengan cepat, mudah dan efektif. Tapi jika tidak tahu caranya, Anda tak akan mendapat apa-apa selain membuang waktu karena terlalu lama berdiam diri menunggu konsumen di depan komputer atau smartphone.

Kuasai ilmunya, yaitu digital marketing. Belajar digital marketing banyak memberi keuntungan bagi UMKM Anda.

Belajar sekarang bersama Dumet School atau siap tidak kebagian ‘kue’ di bisnis digital?

Itulah alasan kenapa pelaku UMKM harus belajar digital marketing. Semoga ulasan singkat ini dapat bermanfaat untuk Anda. Terima kasih.

Discussion

  1. bang nasti
  2. Suami Bijak

Leave a Reply

*