Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Home / Islami / 3 Tips Menghilangkan Rasa Malas Sholat

3 Tips Menghilangkan Rasa Malas Sholat

Tips menghilangkan rasa malas sholat – Mendirikan ibadah sholat 5 waktu hukumnya fardu ‘ain, yaitu wajib ditunaikan oleh muslim yang sudah balig. Dalam keadaan apapun, tidak ada alasan bagi seorang muslim untuk meninggalkan shalat. Jika sengaja meninggalkannya, maka dosanya sangat besar.

Alasan orang sering meninggalkan sholat 5 waktu, yaitu duhur, asar, maghrib, isya dan subuh adalah karena malas. Setan akan terus menggoda manusia untuk meninggalkan sholat.

tips mengatasi malas sholat

Jika Anda sering merasa malas sholat, coba tips menghilangkan rasa malas solat berikut ini.

#1. Kuatkan niat

Segala perbuatan dapat terjadi karena adanya niat (tekad), tanpa ada niat dalam hati untuk menjalankan sholat Anda tidak mungkin mampu untuk mengambil air wudlu. Saat rasa malas menghalangi, kuatkan niat Anda dan yakinlah bahwa sholat adalah kewajiban. Jika dijalankan dengan khusuk akan mendapat pahala, namun jika ditinggalkan atau dijalankan dengan tidak khusuk maka siksa api neraka teramat pedih.

#2. Jangan menunda waktu sholat

Dengan menjalankan sholat tepat waktu, pikiran akan lebih tenang. Semakin ditunda, maka rasa malas sholat akan semakin kuat. Jadi seharusnya kita laksanakan sholat tepat waktu. Sesibuk apapun pekerjaan, berhentilah untuk menunaikan sholat. Jangan takut kehilangan rezeki dengan menjalankan sholat, karena Allah maha kaya. Tidak mungkin Allah mendzalimi makhluk-Nya yang taat pada perintah-Nya.

#3. Biasakan

Ada pepatah yang menyebutkan “bisa karena terbiasa”. Pepatah tersebut bisa kita aplikasikan untuk menghilangkan malas sholat, biasakan!

Biasakan sholat tepat waktu, biasakan shalat di masjid dan biasakan sholat berjamaah. Kalau sudah terbiasa, Anda akan merasa tidak nyaman apabila meninggalkannya.

Itlah 3 tips menghilangkan rasa malas sholat yang bisa saya share, semoga kita semua selalu mendapat hidayah-Nya untuk istiqamah menjalankan segala perintah-Nya dan meninggalkan segala apa yang dilarang-Nya. Aamiin.

About Husni Cahya Gumilar

Tetangga mengenal saya sebagai Guru Honorer, Blogger, Traveler & Web Developer. Dulu saya manis semanis dodol Garut, tapi sekarang imut seimut domba Garut. Ya, orang Garut memang manis dan imut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*