Home / Komputer / 14 Langkah Install DHCP Server di Windows Server 2008

14 Langkah Install DHCP Server di Windows Server 2008

Halo sobat apakah kamu baru saja meninstall windows server 2008? Jika ya maka ada beberapa hal yang pasti akan kamu cari setelah proses installasi windows server 2008 selesai. Seperti pengalamatan ip address untuk windows server 2008, cara install active directory dan cara install dns server. Juga tidak lupa kamu pasti butuh informasi tentang cara konfigurasi dhcp server untuk windows server 2008 yang telah kamu install tadi.

Jadi pada postingan kali ini saya akan menulis tentang cara konfigurasi dhcp server 2008 atau lebih tepatnya cara install dhcp di windows server 2008. Tapi sebelum saya menjelaskan tentang langkah-langkah installasi dhcp server di windows server 2008 saya akan sedikit mengulas tentang dhcp server. Boleh kan?

Apa itu dhcp server ?

DHCP atau Dynamic Host Configuration Protocol merupakan sebuah protocol dalam sebuah jaringan komputer yang dapat memberikan IP Address secara otomatis kepada setiap host yang ada dalam suatu jaringan.

Hukum dari DHCP Server dalam sebuah jaringan adalah sunnah muakkad alias sesuatu yang tidak wajib ada tapi sangat dianjurkan untuk ada. Kenapa? karena jika tidak ada DHCP Server maka kita masih bisa memberikan IP address kepada setiap host yang ada pada jaringan tersebut. Jadi kalau tidak ada DHCP Server yah tidak papa.

Tapi kalau ada DHCP Server maka akan sangat bermanfaat dan memudahkan kita. Kenapa? Karena jika ada DHCP Server maka kita tidak perlu memberikan IP address satu persatu secara manual di setiap host yang ada dalam jaringan tersebut. Karena DHCP Serverlah yang akan memberikan IP address secara otomatis kepada setiap host yang ada dalam jaringan tersebut.

Tentu hal ini akan sangat membantu apalagi jika dalam jaringan tersebut ada banyak sekali komputer sampai 100.000 komputer misalanya (Lebay) pasti kita akan sangat kewalahan dan mungkin akan menyerah dan melambaikan tangan ke kamera tanda tidak mampu lagi hehe..

Oke sudah cukup basa basinya mari langsung saja kita mulai langkah-langkah install DHCP Server di Windows Server 2008. Oh ya sobat jangan lupa sebelum kamu mengkonfigurasi DHCP server pastikan kamu sudah setting IP address komputer server kamu dan menginstall active directory dan dns server yah..

Install DHCP Server di Windows Server 2008

1. Langkah pertama kita add roles dengan cara :

  • Klik tombol start
  • Klik tobol administrative tools
  • Pilih server manager
  • Kemudian klik add roles

2. Verivikasi ulang sebelum penginstalan kemudian klik tombol next.

3. Centang DHCP Server kemudian klik tombol next

4. Verivikasi kembali untuk menginstall DHCP Server kemudian klik tombol next.

5. Pada bagian ini akan muncul IP address static yang merupakan IP address milik Windows server 2008. Jika tidak muncul berarti kamu belum melakukan setting IP address di windows server dengan benar. Jika sudah muncul maka tekan tombol next.

6. Pastikan parrent domainnya adalah yang sudah kamu buat. Di sini parrent domainnya adalah: sahidamin.com

Jika sudah benar selanjutnya ganti preffred DNS Server dengan IP windows server kamu di sini saya menggunakan: 10.10.10.2 sesuai dengan IP pada setting ip address saya.

Kemudina tekan tombol next.

7. Klik tombol next karena kit tidak menggunakan wins.

8. Klik tombol add

9. Kemudian akan muncul jendela add scoop. Ketikkan :

  • Scoope name :
  • Starting IP Addresse :
  • Ending IP Addresse :
  • Subnet mask :
  • Gateway :

Lalu klik tombol next.

Keterangan :

  1.  Starting ip artinya ip yang akan diberikan kepada client di mulai dari 10.10.10.5
  2. Ending ip artinya ip yang akan diberikan kepada client maksimal sampai 10.10.10.100

10. Klik tombol next.

11. Pada langkah ini ada dua pilihan :

  • Enable DHCPv6 stateless mode for this server (jika kamu ingin mengaktifkan dhcpv6)
  • Disable DHCPv6 stateless mode for this server (jika kamu tidak ingin mengaktifkan dhcpv6)

Di sini saya pilih Disable DHCPv6 for this server karena saya tidak ingin mengaktifkan dhcpv6. Setelah memilih salah satu kemudian klik tombol next.

12. Klik tombol Install

13. Proses instalasi pun berlangsung tunggulah sampai prossesnya selesai.

14. Setelah selesai klik tombol Close. Dan selamat instalasi dhcp servernya sudah selesai.

Nah itu tadi sobat langkah langkah konfigurasi dhcp server di windows server 2008. untuk mengeceknya kamu tinggal setting ip di komputer host atau client secara Obtain. Oke sobat sekian saja postingan saya kali ini semoga bermanfaat dan jika kamu berkenan silahkan baca salah satu postingan saya lainnya yaitu macam macam topologi jaringan. Sekian terima kasih

About Husni Cahya Gumilar

Husni Cahya Gumilar

Blogger Garut, Jawa Barat. Lembur banjar karang pamidangan pituin ti Banjarwangi.

One comment

  1. cloud computing indonesia

    Thanks untuk infonya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *